Content Creator? Apa Sih Itu?

Istilah content creator, youtuber, dan influencer sudah sangat sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari. Sejumlah profesi yang tergolong baru ini makin sering dilirik oleh kaum muda, terutama Gen Z, karena dianggap menyenangkan, fleksibel, dan mendatangkan banyak uang. Penasaran enggak sih, sebenarnya content creator itu apa dan ngapain aja?

Content creator merupakan istilah yang mencakup sejumlah profesi. Sesuai makna harfiahnya, content creator adalah mereka yang yang membuat konten secara kreatif untuk berbagai platform. Seorang content creator bisa membuat konten berupa video panjang untuk YouTube, podcast untuk Spotify, foto-foto estetik untuk Instagram, tweet unik untuk Twitter, video pendek untuk Tik Tok, dan lain-lain. Secara singkat, content creator adalah orang kreatif yang bisa menyampaikan pesan atau kampanye tertentu dengan menarik melalui media sosial.

Profesi content creator saat ini makin dilirik oleh generasi muda karena bertolak belakang dengan definisi ‘bekerja’ yang tradisional. Dahulu rutinitas bekerja identik dengan datang ke kantor, berbisnis barang dan jasa, atau bekerja sebagai profesional di berbagai bidang. Saat ini, bekerja bisa dilakukan dari manapun dan kapanpun. Aktivitas berlibur bahkan bisa dijadikan konten dan dicarikan sponsor. Sistem kerja yang dinamis dan tidak monoton inilah yang disukai oleh Gen Z, mereka lebih suka memiliki pekerjaan yang memberi kebebasan waktu serta keleluasan berpikir kreatif.

Meski sudah banyak artis dan public figure yang sukses menjadi content creator di tanah air, kenyataannya masih cukup banyak orang yang belum paham etika dan dan dampak dari pesan di media sosial. Dari berbagai berita yang beredar, kita dapat dengan mudah menemui kasus YouTuber dan influencer yang dihujat, dirisak, bahkan diciduk oleh apparat berwenang karena melakukan hal-hal yang melanggar norma. Fenomena ini menunjukkan bahwa sesungguhnya dibutuhkan kemampuan dan skill khusus untuk terjun ke dunia kreatif ini.

Memahami etika media, memelajari skill pembuatan konten kreatif, dan membangun network dengan praktisi di industri terkait adalah beberapa hal yang wajib dimengerti oleh seorang content creator. Hal itu tentunya tidak bisa didapatkan dalam satu atau dua hari, dibutuhkan waktu yang tidak singkat untuk menguasai itu semua. Salah satu cara terefektif untuk mendapatkan kemampuan teoritis dan praktis untuk menjadi content creator adalah dengan belajar di Program Studi Ilmu Komunikasi Binus @Malang yang kurikulumnya telah disusun secara khusus untuk mempersiapkan lulusan menjadi content creator yang berdaya saing tinggi. Jika kamu ingin menjadi seorang content creator yang handal, inilah tempat terbaik untukmu!

 

Lila Nathania