Seberapa Penting Sistematical Literature Review Bagi Mahasiswa Komunikasi ? (Part 1)

 

Sebagai seorang mahasiswa dan juga seorang peneliti pemula, perlu diketahui bahwa salah satu aspek penting dalam melakukan penulisan akademik adalah penulis memiliki kecakapan dalam mereview suatu jurnal atau yang kemudian dikenal dengan kemampuan melakukan sistematycal literature review (SLR). SLR merupakan suatu metode yang digunakan oleh seorang peneliti ataupun mereka yang sedang menyusun tulisan akademik untuk memperolah referensi literatur yang dapat mendukung tulisanya. Pada praktiknya SLR memiliki dua fungsi utama yang secara umum dapat membantu seorang peneliti, yaitu sebagai:

  1. Sumber informasi bagi peneliti terkait kebaruan isu atau masalah yang ingin dikaji
  2. Sebagai referensi ide dalam pengembangan topik penelitian atau penulisan selanjutnya

Sebagai sumber informasi bagi peneliti terkait kebaruan isu atau masalah yang ingin dikaji. Hal ini merujuk pada seberapa penting seorang peneliti harus fokus pada suatu masalah jika tidak mendapatkan sumber acuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa masalah yang akan dikaji tersebut sudah pernah diteliti. Harapannya adalah penelitian yang dikaji atau tulisan yang diangkat haruslah mengkaji dari sudut pandang yang berbeda sehingga tidak sama dengan penelitian atau tulisan terdahulu.

Sebagai referensi ide dalam pengembangan topik penelitian atau penulisan selanjutnya. Maksudnya di sini adalah jika belum memiliki fokus permasalahan yang akan dikaji, maka SLR bisa membantu memberikan rekomendasi atau ide berdasarkan dari area of interest sang peneliti. Sang peneliti ataupun penulis tentunya memiliki bidang kajian yang digeluti, maka ketika mereview jurnal tentulah memilih topik dari apa yang disukai. Dari situlah ide dan rekomendasi akan ditemukan sebab setiap jurnal yang direview pada bagian akhir pasti menuliskan kesimpulan, saran dan bahkan memberikan rekomendasi.

Seberapa penting kemudian SLR ini bagi Mahasiswa Komunikasi?. Sangat penting, sebab Mahasiswa Komunikasi sama dengan mahasiswa lainnya yang merupakan kelompok intelektual terdidik dari bidang akademik yang mengandalkan bukti emipiris terukur dan dapat dipertanggung jawabkan pada setiap publikasinya. Oleh sebab itu perlu kesadaran bagi para mahasiswa bahwa mempersiapkan referensi bagi tulisan atau penelitian yang akan diangkat bukanlah perkara biasa yang bisa diremehkan. Proses pencarian referensi tersebut melalui sebuah sistem dan seleksi agar bisa menunjang tulisan yang diangkat dan penelitian yang dikaji.

Yanuarita Kusuma