Pameran Karya Mahasiswa 2021

Tak terasa sudah setahun lebih kita mengoptimalkan kegiatan di rumah; kaum profesional work from home dan para mahasiswa study from home. Banyak hal telah berlalu dan berubah, rencana-rencana pun harus disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Binus Malang pun mengalami tantangan yang sama selama pandemi. Meski tidak bisa berdiskusi secara tatap muka dengan dosen dan teman-temannya, mereka tetap berusaha produktif dan kreatif dari rumah. Usaha ini berbuah manis, hasil karya mereka banyak yang berkualitas dan membanggakan. Tak hanya itu, dua orang mahasiswa, Patricius Emmanuel dan Caroline Florence, bahkan berhasil menyabet juara 1 dan 2 nasional dalam lomba penulisan essay.

Melihat semangat dan antusiasme mahasiswa dalam berkarya, amat disayangkan bila karya-karya tersebut tidak dapat dipamerkan dengan baik. Awalnya tim mahasiswa masih optimis untuk menyelenggarakan pameran secara luring (offline), namun setelah melihat kondisi yang tak kunjung membaik, mereka pun akhirnya memantapkan diri untuk menyelenggarakan pameran secara daring.

Demi memfasilitasi kegiatan mahasiswa, akhirnya Program Studi Ilmu Komunikasi dan Himpunan Mahasiswa Jurusan mematangkan konsep pameran melalui website www.communicationdgx.com yang resmi launching pada Agustus 2020. Melalui website ini kami terus menampilkan karya-karya terbaik  mahasiswa. Lebih hebatnya lagi, seluruh kegiatan yang dilakukan di website ini mulai dari perencanaan, pengunggahan, hingga eksekusi desain dilakukan 100% oleh mahasiswa. Salah satu PIC utama yang mengelola website ini adalah Patricius Emmanuel, Binusian Communication 2022 yang membuat kerangka website, mengecek seluruh pengaturan, bahkan membuat game sederhana untuk dimainkan dalam website ini.

Hingga saat ini, website www.csadigitalexpo.com masih menjadi tempat utama para mahasiswa untuk menampilkan karya-karya terbaik yang berformat digital. Beberapa jenis karya yang dapat dinikmati dalam pameran ini adalah video trailer film, video program kreatif buatan mahasiswa, e-magazine, cerpen, dan foto. Para pembuat karya sendiri berasal dari mahasiswa Communication berbagai angkatan, mulai Binusian 2022 hingga 2024.

Website ini merupakan bukti nyata bahwa pandemi tidak akan menjadi penghalang bagi mahasiswa untuk berkarya. Dengan segala keterbatasan yang ada, kita justru dituntut untuk berpikir dengan kreatif dan solutif dalam menghadapi tantangan baru. Berbekal kemampuan teoritis dari berbagai mata kuliah yang diajarkan, mahasiswa dapat langsung praktik membuat website dan mengisi konten sesuai kaidah penulisan yang baik.

Selain ditampilkan dalam website www.csadigitalexpo.com, karya-karya terbaik mahasiswa pun ditampilkan dalam student portfolio di website ini. Selamat menikmati berbagai hasil karya mahasiswa yang kreatif, informatif, dan edukatif.

Lila Nathania