OCIN AE: Konten Kreator yang Menginspirasi

Menjadi seorang konten kreator seperti Youtuber merupakan salah satu impian Binusian Ilmu Komunikasi 2022, Nico Nurdiansyah Pratama atau yang biasa dikenal dengan sebutan Ocin. Binusian yang memiliki hobi dalam bidang fotografi ini dikenal sebagai salah satu mahasiswa yang berbakat, memiliki semangat tinggi, dan tekun dalam mengikuti berbagai lomba. Beberapa lomba yang pernah ia ikuti yaitu Lomba MLD Spot Photo dan Video 2020, Bicomma (Binus Competition Malang) 2020, Lomba Photography Viscode Binus 2020, Lomba Photography IPB University 2020, Lomba Photography SCH x Telkom 2020. Ia telah mendapatkan beberapa penghargaan di antaranya dalam Lomba Casting Audition Star Bridge Production 2018 dan lolos masuk peringkat 10, serta Binus TV 2019 sebagai scriptwriter dan mendapatkan juara 3. Suka duka dalam mengikuti lomba tidak memudarkan semangat Ocin untuk tetap berkarya. Rasa kecewa saat harapan tidak sesuai dengan realita pasti ada, tetapi menurut Ocin justru hal itulah yang membuat dirinya terpacu untuk terus belajar dan mengembangkan diri agar menjadi lebih baik lagi. Motivasi tersebut yang selalu Ocin pegang sampai saat ini. 

Semangat Ocin tidak hanya sebatas dalam mengikuti lomba. Tepatnya Juli 2020, Ocin memutuskan untuk terjun dalam dunia Youtube dan sejak saat itulah ia terus menekuni dan rajin untuk membuat konten dengan nama Channel Youtubenya “Ocin Ae”. Menurut Ocin, Youtube merupakan salah satu media atau sarana yang dapat menyalurkan kebebasan bereskpresinya kepada audiens. Maka dari itu, tidak heran bahwa konten yang ia sajikan sebagian besar mengandung unsur hiburan seperti video reaction, vlog, podcast, dan main-main. Melalui Youtube, Ocin dapat menunjukkan karya-karya yang telah ia buat sebagai salah satu portofolio bagi dirinya. Hal menarik lainnya, nama Channel Youtube “Ocin Ae” juga digunakan sebagai nama profil semua media sosialnya berkat personal branding yang dibangunnya.  

Kini, Youtube Ocin semakin berkembang. Bukan hanya dikenal oleh pihak internal seperti dosen dan Binusian tetapi mulai dikenal oleh masyarakat luar. Ocin selalu mencari cara dan explore untuk mempromosikan Youtubenya. Ia mulai mengikuti perkembangan aplikasi yang sedang viral dan dianggap dapat meraup banyak audiens atau pendatang baru bagi Youtubenya. Hal ini dapat dilihat akhir-akhir ini ia mulai melakukan promosi melalui aplikasi Tiktok, dan Twitter. Website juga menjadi salah satu sarana yang Ocin pakai untuk ajang promosi karya-karyanya baik berupa foto maupun video. Bagi kalian yang mau intip karya Ocin bisa banget mampir ke https://ocinae.wordpress.com/. Gimana menurut kalian? Apresiasi yang sangat baik patut diberikan kepada Ocin. 

Terakhir, ada pesan dari Ocin untuk adik-adik Binusian lain yang baru memasuki dunia perkuliahan maupun yang sudah menjalaninya agar tetap terus berkarya. Jangan pernah malu atau takut untuk berkarya. Sekarang waktunya untuk memperbanyak relasi. Last but not least, Just be yourself and good luck!

 

Penulis: Jessica Agata Soetanto (Binusian Communication 2023)

Editor: Lila Nathania S.I.Kom., M.Litt.