Menemukan Ide Untuk Topik Penulisan Dari Sumber Jurnal

 

Sebagai seorang akademisi, menulis adalah bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian. Menulis merupakan sebuah seni mendeskripsikan pikiran dalam bentuk tulisan yang bisa dipahami oleh pembaca. Seringkali para akademisi yang baru masuk semester pertama perkuliahan atau bahkan yang baru mulai untuk menulis proposal skripsi kebingungan untuk menentukan topik apa yang akan dibahas. Kesulitan mencari insipirasi untuk menentukan topik penelitian memang sangat umum terjadi. Hal ini juga menandakan bahwa kurangnya sensitivitas seorang akademisi dalam melihat isu sosial dan yang paling utama adalah menunjukkan rendahnya literasi membaca.

Bagi seorang akademisi, membaca merupakan kunci keberhasilan dari ide tulisan yang menarik. Sebab dengan membaca maka akan memperoleh rekomendasi dan saran untuk tulisan pada bidang tertentu yang dipilih. Tak hanya itu, membaca juga dapat memperkaya perbendaharaan kata seseorang. Jurnal ilmiah menjadi sumber acuan dalam membaca yang paling mudah didapat dan dimengerti oleh seorang akademisi. Selain itu jurnal adalah sumber yang kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan datanya sebab diperoleh dari hasil penelitian. Langkah-langkah untuk mendapatkan ide tulisan dari sumber jurnal bisa dilakukan sebagai berikut:

  1. Carilah jurnal dengan menggunakan kata kunci tertentu. Misalnya saja anda tertarik dengan Kpop, maka pada pencarian jurnal ada bisa memasukkan kata kunci seperti ‘ Media + Kpop + Budaya + Jurnal’, atau ‘ Kpop + Media + Komunikasi + Jurnal’, atau ‘Culture + Kpop + Generasi Z + Komunikasi + Jurnal’. Semua kata kunci disesuaikan dengan minat penulis. Itulah sebabnya semua harus dimulai dari apa yang memang disukai.
  2. Bacalah bagian abstrak untuk mengetahui hasil penelitian dari jurnal yang didapat. Sebab abstrak berisi tentang pendahuluan dan masalah, teori, metode dan hasil penelitian yang ditulis secara padat maksimal 250 kata.
  3. Lihatlah pada bagian kesimpulan dan saran. Pada bagian ini biasanya penulis akan memberikan rekomendasi fokus kajian apa yang sebaiknya dilakukan oleh peneliti lain yang akan membahas topik yang sama.
  4. Teori dan metode juga bisa dibaca secara detail untuk referensi tambahan dari penelitian yang sebelumnya sudah dilakukan.

Motivasi dan kesungguhan akademisi untuk menulis, mencari dan mengumpulkan ide adalah faktor utama dalam keberhasilan menyajikan suatu tulisan yang menarik. Oleh sebab itu, tumbuhkan selalu motivasi dan kesungguhan dalam diri agar cinta membaca, fokus kepada detail fakta dan data yang disajikan, serta kebaruan informasi.

Yanuarita Kusuma