Lulusan Content Creator Binus Malang, Bisa Apa Saja Ya? (2)

Apa prospek kerja saat menjadi lulusan Binus Malang dengan skill sebagai content creator?”   

Prospek kerja sebagai lulusan content creator Binus Malang sangat luas. Penjelasannya dapat dibagi menjadi 2, yaitu sebagai pekerja profesional atau sebagai business owner. Pekerja profesional merujuk pada seseorang yang bekerja di global company, contohnya sebagai produser, program director, cameraperson, actor, presenter, host, reporter, editor, hingga menjadi admin dari media sosial perusahaan. Fakta di lapangan saat ini menunjukkan banyaknya perusahaan yang membuka lowongan divisi internal content creator karena ingin menghidupkan media sosial perusahaan. Jadi dapat disumpulkan akan sangat banyak lowongan kerja untuk lulusan content creator.

Sementara business owner adalah pemilik bisnis dalam bidang content creator. Contohnya mendirikan production house, dengan keuntungan bisa memberdayakan orang atau menciptakan lapangan kerja di bidang content creator. Berarti menjadi content creator tidak melulu untuk orang yang pede di depan kamera saja. Bagi mereka yang “agak malu-malu” di depan kamera bisa menjadi content creator di balik layar.

Menjadi lulusan content creator sangat menguntungkan, bukan? Namun, tidak sampai di sana saja karena masih ada keuntungan lain yang akan didapatkan. Berikut adalah sharing dari beberapa dosen dan mahasiswa Binus Malang:

 

“Apasih enaknya/keuntungannya jadi content creator?”

Kalian akan dikenal serta memiliki jumlah likes dan comment yang banyak di postingan social media. Siapa tahu akan ada yang meminta foto bersama kalian, hehe.. Secara umum menjadi content creator sangat menguntungkan karena “suara kita didengar” dan“kita bisa mengubah dunia” dengan gerakan-gerakan atau kampanye tertentu, tentu saja untuk kebaikan semua umat manusia.– Pak Bobie

Saya bisa share apa yang berada di otak saya kepada khalayak. Ini adalah hal yang bagus, karena di situ saya akan bisa menyebarkan semangat positif dan juga sharing dengan banyak orang. Lebih kaya akan pengetahuan dan saya akan menjadi lebih update.” – Pak Koko

Aku jadi dapet relasi baru sesama content creator, dan dari youtube ini aku jadi lebih produktif. Awalnya emang susah sih soalnya kerjain semua sendiri tapi karena itu aku dituntut untuk belajar manage waktu dan positifnya aku juga bisa bangun personal brandingku di masyarakat luar.” – Jessica (content creator Youtube “Jessica Agata”)

Sebagai content creator kita akan memiliki skill public speaking, photography, maupun videography. Pengalaman saya ketika kerja freelance dan kerja part time, kebanyakan pihak perusahaan selalu menanyakan skill apa yang kita miliki. Maka dari itu skill sangat penting bagi saya dan itu semua butuh latihan dalam memunculkan serta menguasi skill yang sudah kita punyai” – Ocin (content creator Youtube “Ocin ae”)

 

Content creator tidak harus menjadi Youtuber/Selebgram yang memiliki kepercayaan diri super tinggi di depan kamera, tetapi juga bisa menjadi dalang di balik layar. Jika ada pertanyaan “content creator bisa apa?”, jawabannya adalah BISA APA SAJA! Apalagi melihat perkembangan dunia saat ini semua menjadi serba menggunakan konten, dari design pakaian, iklan, video Youtube, promo pada aplikasi ojek online/ ecommerce, berita, podcast, dan masih banyak lainnya.

 

Penulis: Cindy Jane Suharjo (Binusian Communication 2023)

Editor: Lila Nathania S.I.Kom., M.Litt.