Metode Berpikir Ilmiah untuk Mahasiswa

Berpikir Ilmiah adalah sebuah metode yang fokus untuk mencapai suatu tujuan berfkir yang optimal. Tujuan berpikir ilmiah tentu saja untuk menghasilkan suatu keputusan dan kesimpulan dari proses berpikir yang sah dan benar. Berpikir ilmiah adalah sebuah proses panjang dan bersifat makro yang terjadi dalam diri seorang manusia. Melewati serangkaian uji kebenaran mulai dari proses pengamatan, perenungan, pembandingan, pengujian, penarikan keputusan hingga menyimpulkan, semuanya ada dalam satu paket berpikir ilmiah yang dalam interaksinya dengan masyarakat kemudian disebut dengan pengetahuan ilmiah.

Pengetahuan ilmiah memiliki ciri diantaranya; (1) sistematik, sebab ilmu adalah suatu system yang utuh; (2) relatif, sebab tidak ada kebenaran ilmiah yang sifatnya absolut; (3) koheren, bahwa ilmu itu pasti saling berkaitan atau runtut; (4) heuristik, bahwa ilmu bersifat terbuka ; (5) kausal; (6) netral, sebab ilmu haruslah bebas nilai dan tidak emosional[1]. Ini adalah beberapa ciri dari pengetahuan ilmiah yang wajib diketahui oleh akademisi. Sebab seorang akademisi memiliki kewajiban untuk menyajikan data yang valid, relevan, dan bebas nilai sehingga pemahaman atas alur berpikir ilmiah dan karakter pengetahuan ilmiah haruslah dipahami.

Alur berpikir ilmiah sebenarnya berkaitan dengan pola berpikir yang secara umum kita ketahui ada dua, yaitu pola berpikir deduktif dan pola berpikir induktif. Kita mungkin sering tidak menyadari bahwa cara berpikir memiliki pola. Pola tersebut merupakan kebiasaan atau memang sengaja dipilih. Pola berpikir deduktif merupakan system berpikir yang melihat hal-hal secara umum terlebih dahulu sebelum akhirnya mengerucut menjadi lebih spesifik atau khusus. Sebaliknya pola berpikir induktif adalah sistematika berpikir yang melihat suatu hal secara khusus kemudian dikaitkan dengan penjabaran yang bersifat umum.

Langkah-Langkah Metode Berpikir Ilmiah

Langkah-langkah metode berpikir ilmiah meliputi observasi, penyusunan hipotesis, pengumpulan data, eksperimen, analisis data, dan menarik kesimpulan. Pertama, lakukan observasi terhadap fenomena atau masalah tertentu untuk mengidentifikasi pertanyaan penelitian. Kedua, susun hipotesis yang dapat diuji. Ketiga, kumpulkan data melalui berbagai metode seperti survei atau eksperimen. Keempat, lakukan eksperimen untuk menguji hipotesis tersebut. Kelima, analisis data yang diperoleh menggunakan teknik statistik yang sesuai.  Berikut adalah langkah- langkahnya:

1. Observasi

Langkah pertama dalam metode berpikir ilmiah adalah observasi. Observasi melibatkan pengamatan fenomena atau masalah yang ingin dipelajari. Mahasiswa harus memperhatikan detail-detail yang relevan dan mencatat data yang akurat.

2. Menyusun Pertanyaan atau Hipotesis

Setelah melakukan observasi, langkah berikutnya adalah menyusun pertanyaan penelitian atau hipotesis. Pertanyaan ini harus spesifik dan dapat diuji. Hipotesis adalah prediksi yang dapat diuji berdasarkan observasi awal.

3. Penelitian dan Pengumpulan Data

Langkah ketiga adalah mengumpulkan data melalui penelitian. Ini bisa dilakukan melalui eksperimen, survei, wawancara, atau metode pengumpulan data lainnya. Penting bagi mahasiswa untuk menggunakan teknik yang valid dan reliabel dalam pengumpulan data.

4. Eksperimen

Eksperimen dilakukan untuk menguji hipotesis. Dalam eksperimen, mahasiswa harus merancang percobaan yang dapat mengisolasi variabel independen dan dependen untuk melihat hubungan sebab-akibat. Eksperimen harus diulang untuk memastikan konsistensi hasil.

5. Analisis Data

Setelah data dikumpulkan, langkah berikutnya adalah analisis data. Mahasiswa harus menggunakan metode statistik yang sesuai untuk menganalisis data dan menarik kesimpulan. Analisis data membantu menentukan apakah hipotesis diterima atau ditolak.

6. Menarik Kesimpulan

Berdasarkan analisis data, mahasiswa dapat menarik kesimpulan. Kesimpulan ini harus didukung oleh data yang kuat dan menunjukkan apakah hipotesis awal benar atau salah.

7. Publikasi dan Komunikasi

Langkah terakhir adalah publikasi dan komunikasi hasil penelitian. Mahasiswa harus mempresentasikan temuan mereka melalui laporan, presentasi, atau publikasi di jurnal ilmiah. Komunikasi yang efektif memastikan bahwa hasil penelitian dapat dipahami dan diterima oleh komunitas ilmiah.

Pentingnya Metode Berpikir Ilmiah bagi Mahasiswa

Metode berpikir ilmiah sangat penting bagi mahasiswa karena memberikan dasar yang kuat untuk analisis dan pemecahan masalah. Dengan menggunakan metode ini, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan kritis dan analitis yang diperlukan dalam penelitian dan studi akademis. Proses berpikir ilmiah melibatkan observasi, pengumpulan data, hipotesis, eksperimen, dan evaluasi yang sistematis, yang membantu mahasiswa untuk berpikir secara logis dan objektif. Kemampuan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan profesional di masa depan. Dengan demikian, penerapan metode ilmiah dalam pendidikan tinggi sangat berharga untuk pengembangan intelektual dan keterampilan praktis mahasiswa.

1. Pengembangan Kemampuan Kritis dan Analitis

Metode berpikir ilmiah membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan kritis dan analitis. Mahasiswa belajar untuk tidak menerima informasi secara mentah-mentah, tetapi mengevaluasi kebenaran dan keakuratan informasi tersebut melalui penelitian dan analisis.

2. Peningkatan Kreativitas

Metode berpikir ilmiah juga mendorong kreativitas. Dalam proses menyusun hipotesis dan merancang eksperimen, mahasiswa dituntut untuk berpikir kreatif dan mencari solusi inovatif untuk masalah yang kompleks.

3. Pengambilan Keputusan yang Berdasarkan Data

Metode berpikir ilmiah mengajarkan mahasiswa untuk membuat keputusan yang didasarkan pada data dan bukti yang kuat. Ini sangat penting dalam berbagai bidang, termasuk sains, teknologi, ekonomi, dan manajemen.

4. Peningkatan Kemampuan Komunikasi

Komunikasi hasil penelitian adalah bagian integral dari metode berpikir ilmiah. Mahasiswa belajar untuk menyusun laporan yang jelas dan mengkomunikasikan temuan mereka dengan cara yang dapat dipahami oleh orang lain. Ini meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dan tertulis.

5. Mempersiapkan Karir Akademik dan Profesional

Pemahaman dan penerapan metode berpikir ilmiah mempersiapkan mahasiswa untuk karir akademik dan profesional. Banyak profesi, termasuk peneliti, ilmuwan, insinyur, dan analis data, memerlukan kemampuan untuk melakukan penelitian ilmiah dan menganalisis data secara kritis.

Tantangan dalam Menerapkan Metode Berpikir Ilmiah

Menerapkan metode berpikir ilmiah sering menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan sumber daya dan waktu. Mahasiswa mungkin mengalami kesulitan dalam mengumpulkan data yang akurat dan relevan, serta menginterpretasikan hasil eksperimen secara objektif. Selain itu, sering kali terdapat tekanan untuk menghasilkan hasil yang cepat, yang bisa mengganggu proses analisis yang mendalam. Kompleksitas dalam merancang hipotesis yang tepat dan memastikan validitas metode juga dapat menjadi hambatan. Tantangan ini memerlukan ketelitian, kesabaran, dan keterampilan kritis yang tinggi agar mahasiswa dapat mengatasi masalah dengan efektif dan menghasilkan temuan yang andal dan bermanfaat.

1. Keterbatasan Sumber Daya

Salah satu tantangan utama adalah keterbatasan sumber daya. Mahasiswa mungkin menghadapi kendala dalam mengakses peralatan laboratorium, dana penelitian, atau literatur ilmiah yang relevan.

2. Kesulitan dalam Merancang Eksperimen

Merancang eksperimen yang valid dan reliabel memerlukan keterampilan dan pengetahuan yang mendalam. Mahasiswa harus belajar untuk mengidentifikasi variabel yang relevan dan mengendalikan variabel yang tidak relevan untuk memastikan hasil yang akurat.

3. Pengumpulan Data yang Valid

Mengumpulkan data yang valid dan reliabel adalah tantangan lain. Mahasiswa harus memastikan bahwa metode pengumpulan data mereka bebas dari bias dan error.

4. Analisis Data yang Kompleks

Analisis data sering kali memerlukan pengetahuan statistik yang mendalam. Mahasiswa harus belajar menggunakan perangkat lunak statistik dan memahami konsep-konsep statistik untuk menganalisis data dengan benar.

5. Komunikasi Hasil Penelitian

Komunikasi hasil penelitian adalah bagian penting dari metode berpikir ilmiah, tetapi sering kali menantang. Mahasiswa harus belajar menyusun laporan yang jelas dan komprehensif serta mempresentasikan temuan mereka dengan cara yang efektif.

Contoh pola berpikir :

1. Deduksi

Mahasiswa Ilmu Komunikasi gemar membaca                                                     (Umum)

Filzah adalah mahasiswi Ilmu Komunikasi Angkatan 2022                                (Khusus)

Filzah merupakan mahasiswi yang gemar membaca                                          (Khusus)

 

2. Induksi

Haifa memiliki skill editing yang bagus di antara teman di jurusan Ilmu Komunikasi     (Khusus)

Haifa selalu ditunjuk untuk membantu pembuatan video di jurusan                                (Khusus)

Mahasiswa Ilmu Komunikasi sangat terampil dalam membuat konten                             (Umum)

 

Berpikir ilmiah adalah sebuah seni yang sangat berharga bagi seorang akademisi. Sudah sepantasnya sebagai mahasiswa yang merupakan akademisi aktif suatu institusi pendidikan tinggi untuk mengasah kemampuan berpikir ilmiahnya. Agar menghasilkan pengetahuan yang teruji, sah dan benar sehingga bisa memberikan sumbangsih yang baik bagi sesamanya. Jangan sampai terjebak pada rutinitas berpikir instan yang tidak memiliki kedalam berpikir dan lemahnya validitas untuk pembuktian.

 

Referensi

[1]         N. N. Sudjana, “Berpikir Ilmiah,” in Metode Penelitian Sosial, 1st ed., B. Suyanto and ; Sutinah, Eds. Jakarta: Prenada Media Group, 2004, pp. 1–16.

Yanuarita Kusuma