Pada kesempatan market validation ini, kelompok kami mengembangkan sebuah website dengan nama Decour, yang merupakan suatu website berbasis animasi 3D yang dirancang dan dikembangkan untuk memvisualisasikan dengan jelas produk-produk dekorasi dinding seperti poster kayu, scroll banner, dan lain sebagainya. Pembangunan website ini bertujuan untuk membantu para pengunjung dan user untuk memahami bagaimana bentuk, ukuran, volume, tekstur, dan karakteristik yang dimiliki oleh masing-masing produk dekorasi dinding yang kami tawarkan. Dengan hadirnya konsep 3D animation pada website Decour, pengunjung dapat membayangkan bagaimana dekorasi dinding yang kami tawarkan akan terlihat saat ditempatkan pada ruangan mereka masing-masing.

Implementasi konsep 3D animation ini sangat efektif dalam menarik perhatian pengunjung untuk melihat atau mengunjungi booth Decour yang telah kami siapkan. Tidak hanya itu, booth tersebut juga kami hiasi dengan produk-produk dekorasi dinding yang kami tawarkan, ditambah lagi dengan tersedianya demonstrasi website secara langsung sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman menggunakan website Decour. Kombinasi ini sukses membuat pengunjung lebih antusias dalam mengamati pengaplikasian produk yang kami tawarkan, baik dari website ataupun produk yang dijual. Kami berusaha membangun tingkat interaksi yang aktif dengan pengunjung, terutama dari kalangan mahasiswa yang menjadi target utama penjualan produk kami. Merekalah yang akan memperoleh manfaat tertentu setelah menggunakan jasa dan membeli produk kami.

Dalam mendukung upaya kami untuk memasarkan produk yang dijual serta mengenalkan website Decour lebih jauh lagi, kami memanfaatkan event-event kampus, khususnya di waktu istirahat dan pergantian jam mata kuliah, ataupun acara di mall dengan momen utama di hari-hari besar, seperti Natal, Paskah, Lebaran, dan sebagainya. Pemilihan tempat dan waktu tersebut didasarkan pada potensi tempat tersebut akan dipadati atau dipenuhi oleh kalangan orang yang berbeda dan beragam, sehingga akan sangat memungkinkan bagi kami untuk menemukan calon user sekaligus calon klien baru yang mungkin ingin mengimplementasikan website Decour untuk produk yang mereka miliki. Belum lagi variasi pengunjung juga memungkinkan kami untuk mendapatkan feedback, kritik, serta saran yang sifatnya membangun. Variasi ini jugalah yang memungkinkan kami melakukan berbagai interaksi secara langsung dengan pengunjung atau calon user seperti wawancara atau interview terkait penerapan website Decour ataupun produk yang ditawarkan.

Sebagai sarana evaluasi dalam melakukan validasi pasar, kami membutuhkan feedback dari setiap pengunjung yang datang. Untuk memperoleh feedback, kami menggunakan metode survei dengan memakai Google Form. Pemilihan survei dalam mengelola feedback didasarkan pada kemudahan dan efisiensi dalam pembuatan formulir survei. Hasil feedback dari metode survei juga lebih mudah dianalisis dan datanya dapat divisualisasikan secara otomatis. Sementara itu, penjualan juga dibarengi dengan demonstrasi website karena produk-produk wall decoration cukup sulit untuk dibayangkan atau divisualisasikan. Maka dari itu, kami berpikir untuk menjelaskan produk yang dijual, sambil melakukan demonstrasi atas website 3D Decour. Demonstrasi ini memungkinkan kami untuk mengenalkan keunggulan website Decour sambil menawarkan produk-produk wall decoration kami secara bersamaan.

Dari sekian banyak feedback yang telah terkumpul, mayoritas responden menyatakan bahwa produk yang kami sajikan sudah cukup bagus, dan website yang kami tawarkan juga sangat interaktif. Kami melihat kecenderungan tren positif sangat signifikan dan fakta ini menunjukkan bahwa produk kami dapat diterima dengan baik di pasaran. Kami juga memperoleh sejumlah masukan dari sejumlah pengunjung yang dapat dijadikan pertimbangan lebih lanjut ketika akan mengembangkan bisnis ini ke depannya. Beberapa masukan yang cukup membangun di antaranya adalah memperbanyak varian desain, memilih desain karakter mengikuti tren, diversifikasi bahan utama dekorasi, pemilihan warna dasar website, hingga bekerja sama dengan brand tertentu. Harapannya, validasi pasar yang kami lakukan dapat menjadi langkah evaluasi kami terhadap usaha yang kami rintis agar bisa memenuhi permintaan konsumen di lapangan lebih baik lagi.

Foto produk yang dijual:

Foto tampilan website:

 

Anggota Kelompok:

  1. Fendy Wijaya – 2602092150
  2. Kevin Petersen – 2602136713
  3. Steven Yong – 2602136266
  4. Filbert – 2602135793
Dosen:
D6514 – Eggy Herlambang, S.Kom., MMSI.