Melangkah Bersama Para Expert: Menciptakan Bourkas, Nakas Multifungsi untuk Gen Z
Melangkah Bersama Para Expert: Menciptakan Bourkas, Nakas Multifungsi untuk Gen Z
Mata kuliah Entrepreneurship: Prototyping di Universitas Binus adalah salah satu mata kuliah yang wajib bagi semua mahasiswa. Bukan hanya soal teori, tapi juga praktek langsung! Nah, ada kisah menarik nih dari Kelompok 2 di kelas LA41 yang terdiri dari 5 mahasiswa kreatif. Perjalanan mereka dimulai dengan brainstorming ide-ide bisnis yang seru dan beragam. Dari sekian banyak ide, ada satu yang awalnya dipikir akan keren, yaitu membuat rak akuarium. Sayangnya, ide itu harus berakhir di meja dosen alias ditolak. Tapi tenang, semangat kelompok ini tidak luntur. Mereka terus mencoba dan akhirnya muncul dengan ide cemerlang lainnya: Bourkas (Bourgeon Nakas), sebuah nakas multifungsi yang siap memudahkan hidup kita. Penasaran bagaimana perjalanan seru mereka? Yuk, kita simak!
Ide bisnis Bourkas ini dilihat dari di tengah masanya Gen Z ini merupakan generasi yang serba praktis juga senang melakukan aktivitas di kasur. Sehingga, ide Bourkas memiliki kelebihan, yaitu bisa menunjang aktivitas produktif sambil bermalas-malasan dengan nakas multifungsi yang bisa digunakan di kasur maupun sofa. Selain itu, Bourkas juga memiliki banyak tempat penyimpanan, aesthetic, dan memakai bahan kayu yang awet juga anti lapuk. Selanjutnya, pada masa kuliah terdapat expert di 3 sesi yang memberikan konsultasi atas produk yang kita miliki. Diawal, terdapat banyak kontra mengenai produk ini, seperti bagaimana jika yang menggunakan orang obesitas? Bagaimana cara penggunaanya agar bisa nyaman? Harganya pasti mahal. Apakah nakasnya mampu menahan tumpuan tangan apabila dijadikan meja?
Penolakan ide bisnis pertama kami tentang rak akuarium tidak membuat kami mati langkah. Begitu pula dengan ide bisnis Bourkas yang juga menghadapi banyak rintangan. Mulai dari biaya yang mahal, pertanyaan tentang manfaat kayu anti lapuk karena jarang terkena air, hingga kekhawatiran tentang keamanan bagian adjustable. Namun, ide kedua yang hampir gagal ini justru menjadi motivasi setelah kami mendapat masukan dari para expert dan dosen. Selain itu, respon dari survei GForm juga memberikan masukan berharga untuk peningkatan kualitas Bourkas.
Setelah berdiskusi dan merevisi hasil konsultasi, kami menambahkan roda pada Bourkas agar bisa mudah digerakkan ke depan dan belakang sesuai kebutuhan pelanggan. Kami juga memperkuat bagian adjustable-nya, sehingga bisa digunakan untuk menaruh laptop, ngemil, atau menaruh botol minum tanpa khawatir nakas cepat rusak karena terbuat dari bahan berkualitas. Lebih menarik lagi, harga Bourkas bisa disesuaikan dengan budget calon pembeli, sehingga produk ini bisa dinikmati oleh semua kalangan.
Para expert memberikan berbagai masukan yang sangat berharga untuk perkembangan produk kami. Puji Tuhan, kelompok kami mendapatkan banyak respon positif. Respon ini tidak hanya memberikan kami semangat baru tetapi juga arahan yang jelas tentang bagaimana meningkatkan produk kami. Beberapa expert memberi respon yang positif mengenai desain dan fungsi multifungsi dari Bourkas. Mereka melihat potensi besar dari produk ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan furniture yang modern dan efisien. Dukungan dan saran ini memberikan kami keyakinan bahwa produk kami memiliki tempat di pasar dan dapat bersaing dengan produk sejenis.
Tentu saja, tidak semua masukan yang kami terima adalah positif. Ada beberapa kritik konstruktif yang diberikan, seperti mengenai material yang digunakan dan beberapa aspek desain yang masih bisa ditingkatkan. Masukan negatif ini sangat berguna karena membantu kami melihat kelemahan yang mungkin tidak kami sadari sebelumnya. Hal ini memotivasi kami untuk terus memperbaiki produk agar lebih sempurna.
Para expert dan teman-teman juga memberikan banyak masukan positif. Desain modern dan fungsi multifungsi Bourkas dinilai sangat potensial untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dukungan konkret dari Bapak Isana, salah satu expert, memberikan semangat baru dengan menawarkan bantuan strategi pemasaran dan jaringan kontak untuk tahap selanjutnya di semester depan, yakni Entrepreneurship: Market Validation.
Kelanjutan Bourkas di Entrepreneurship: Market Validation menambahkan inovasi yang menarik juga dapat mengurangi cost biaya produksi yaitu perakitan bourkas menjadi knockdown system. Jadi Bourkas dapat dirakit sendiri oleh customer dengan mudah, sehingga nanti di pameran Market Validation kami dapat melakukan demo langsung perakitan bourkas didepan umum sebagai atraksi spesial dari kami.
Kehadiran para expert yang menilai dan memberikan masukan terhadap produk kami sangat berarti. Mendengar berbagai pujian dan kritik yang membangun, motivasi kami pun meningkat meskipun mendapat banyak revisi dan masukan tambahan yang bertentangan. Masukan-masukan tersebut membuat kami semakin bersemangat untuk melakukan perbaikan pada Bourkas. Kami menyadari bahwa penilaian dan saran dari para expert adalah faktor kunci dalam perkembangan produk kami. Karena itu, kami bertekad untuk terus belajar dan memperbaiki diri agar Bourkas bisa menjadi produk unggulan yang diminati pasar.
Kelompok 2
Anggota:
- Hendrik Lai – 2602109523
- Jonathan Candra- 2602114183
- Nichollas Jason Sugiarto – 2602106111
- Nelson Tjandra – 2602103040
- Yohanes Febrian- 2602102731
Dosen – Irene Teresa Rebecca Hutabarat, S.Mb., M.M.
Published at :