People Innovation Excellence
 

Mahasiswa dan entrepreneur

by Agung Hari Sasongko – D5368

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke empat didunia dan memiliki sumber daya alam yang melimpah. Untuk dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang ada dan meningkatkan perekonomian Indonesia, pemerintah melalui Kementrian Pendidikan mewajibkan setiap universitas untuk memberikan mata kuliah entreprenurship.

Tidak hanya mewajibkan mata kuliah saja, tetapi pemerintah men-support mahasiswa yang serius untuk menjadi entrepreneur sejak dari mahasiswa memiliki ide melalui kompetisi / hibah PKM-K. Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) merupakan program pengembangan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada laba (profit). Komoditas usaha yang dihasilkan oleh mahasiswa dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa dalam berwirausaha dan memasuki pasar.

Setelah level ide, untuk men-support mahasiswa yang ingin merealisasikan bisnisnya seperti KBMI (Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia), ASMI (Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia), CPPBT (Calon Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi), PPBT (Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi).

Dengan “memanfaatkan” support yang diberikan oleh pemerintah, mahasiswa dapat menjadi seorang entrepreneur tanpa modal (dana) dari kantong mahasiswa. Pilihannya adalah menjadi entrepreneur yang berada di “blue ocean” dengan support yang luar biasa dari pemerintah atau  mahasiswa tetap mencari pekerjaan dan bersaing di “red ocean”.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close