Faktor Reputasi
Motif lain yang mempengaruhi konsumen untuk berpartisipasi dalam konsumsi kolaboratif adalah faktor reputasi. Faktor reputasi menjadi penting karena pendapat orang lain terhadap pilihan yang kita buat dapat membangun citra dan identitas pribadi (Störby & Strömbladh, 2015: 44). Selain itu, reputasi juga mengacu pada motivasi yang didorong oleh keinginan untuk mendapatkan status di antara sesama (Störby & Strömbladh, 2015: 22). Dalam sebuah penelitian terhadap situs perdagangan peer-to-peer Sharetribe, Hamari, Sjoklint, & Ukkonen (2015: 9) menemukan bahwa konsumen dimotivasi oleh faktor-faktor seperti reputasi, namun pada tingkat yang jauh lebih rendah daripada manfaat ekonomi. Dalam studi Hamari, Sjoklint, & Ukkonen (2015: 9) faktor reputasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap perilaku partisipasi dalam konsumsi kolaboratif. Störby & Strömbladh (2015: 50), pada studinya faktor reputasi menjadi faktor yang kurang mendapatkan perhatian dari konsumen, meskipun demikian faktor reputasi penting karena dengannya citra perusahaan dibentuk dimata masyarakat pada umumnya dan konsumen setianya pada khususnya. Faktor kurangnya kepercayaan menjadi faktor penghambat partisipasi terhadap konsumsi kolaboratif kedua setelah efikasi (Tussyadiah, 2015).
Published at :