Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) – (4) Kriteria Penilaian – (lanjutan)
Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) – (4) Kriteria Penilaian – (lanjutan)
Agung Hari Sasongko, ST., MM – D4527
Berikut adalah kriteria penilaian hibah KBMI yang dapat kita pelajari agar mahasiswa dapat membuat proposal sesuai dengan kriteria yang ditentukan:
No | Kriteria | Bobot (%) |
4 | Menjelaskan produk yang kompetitif dan mampu menyelesaikan masalah pelanggan. (FEASIBILITY)
Cek Lampiran LAPORAN RISET PASAR (riset berupa data SWOT terhadap kompetitor dan pasar yang ada)
Referensi 1: Produk/jasa yang mempunyai ketepatan solusi. Memilih fitur maupun business model yang berbeda dan kompetitif dengan competitor yang ada. Riset mendalam terkait kompetitor dan referensi lengkap ide2 yang sudah pernah ada. Disertai lampiran hasil riset tentang referensi maupun data kompetitor
Referensi 2: Lampiran hasil riset yang mendalam tentang data2 kompetitor maupun produk/jasa substitusi. lampiran berupa hasil mentoring dan coaching kepada pakar2 di bidangnya. lampiran berupa jurnal atau artikel dari sumber yang terpercaya. LAMPIRAN PENTING : prototype atau video kehandalan produk/jasa yang dihasilkan, termasuk hasil test kepada target customer-nya, bagi yang punya produk berupa testimoni di akun social medianya.
|
20 |
5 | Strategi pemasaran kepada customer (delivery)
Referensi: Strategi pemasaran yang tepat dimulai dari memasarkan di pasar yg tepat dalam scope kecil dan target customer yang berpengaruh hingga rencana jangka panjang yang jelas dan terukur. Menggunakan pendekatan personal secara offline maupun menggunakan strategi digital yang tepat. Alasan yang sangat kuat kenapa team itu memilih daerah tersebut sebagai awal “pertempuran” bisnisnya. Kombinasi yang sangat kuat antara strategi direct selling / personal approach dengan digital marketing
|
20 |
6 | Strategi keuangan (Financial Strategy)
Cek Lampiran Unggah berkas rancangan atau laporan finansial bisnis Anda.
Referensi 1: Strategi mendapatkan finansial yang kuat secara cerdik dengan proyeksi pengeluaran yang terukur sehingga mempunyai potensi keuntungan. Proyeksi antara target dan realita sangat relevan dengan strategi marketing maupun rencana pengeluaran.
Referensi 2: LAMPIRAN : proyeksi finansial yang menunjukkan rencana atau laporan pendapatan, biaya HPP, gross profit, biaya operational, net profit dan proyeksi ROI nya.
|
20 |
Published at :