Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) – (3) Kriteria Penilaian
Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) – (3) Kriteria Penilaian
Agung Hari Sasongko, ST., MM – D4527
Berikut adalah kriteria penilaian hibah KBMI yang dapat kita pelajari agar mahasiswa dapat membuat proposal sesuai dengan kriteria yang ditentukan:
No | Kriteria | Bobot (%) |
1 | Noble Purpose, Topik Bisnis dan Target Specific Customer
Indikator Keberhasilan : Pemilihan topik bisnis dan specific target market yang sangat kuat terkait dengan noble purpose, passion, expertise team dan potensi mitra yg dipilih.
Referensi Penilaian : Keterkaitan kuat antara noble purpose dengan topik bisnis yang dipilih, dan ketepatan maupun keunikan dalam memilih target spesifik market yang disasar. Melampirkan data-data pendukung fakta dari topik bisnis yang dipilih.
Lampiran berupa noble purpose setiap anggota team dan kesimpulannya menjadi noble purpose kelompok/tim, lampiran berupa analisa tarikan pasar topik bisnis yang dipilih dengan korelasi kuat dengan noble purpose team. Data tenting topik bisnis berdasarkan data-data terpercaya yang menguatkan yang menunjukkan permintaan pasar yang sedang trend saat ini.
|
10 |
2 | Strategi manajemen Sumber Daya Manusia
Cek Lampiran LAPORAN RISET PASAR (berupa riset tarikan pasar, analisis calon partner maupun analisis kompetitor)
Referensi 1: Keterkaitan kuat antara topik bisnis dengan keahlian tim dan ketepatan dalam membuat indikator keberhasilan. Pemilihan partner bisnis untuk menguatkan dan membuat efisien biaya produksi/marketing
Referensi 2: Lampiran : Profil masing-masing anggota team dengan segala keahlian maupun pengalaman yang dimiliki. Lampiran indikator keberhasilan yang mempunyai relasi kuat dengan keberhasilan bisnisnya. Lampiran analisais partner bisnis yang akan atau sudah dipilih yang membawa dampak efisiensi proses marketing maupun inovasi bisnisnya.
|
10 |
3 | Menjelaskan kedalaman pemahaman pebisnis atas permasalahan yang dirasakan oleh pelanggan (DESIRABILITY)
Cek LAMPIRAN RISET PASAR (riset berupa data need to do (NTD) , pain, gain customer)
Referensi 1: Pemilihan permasalahan ataupun harapan yang dialami oleh customer berdasarkan hasil riset interview kepada 30 target customer dan validasi kepada 100 target customer via google form. Analisis permasalahan ataupun harapan yang diplih memiliki keunikan dan mempunyai peluang besar untuk menjadi trend.
Referensi 2: Lampiran hasil riset kepada target customernya. Hasil interview kepada minimal 30 target customer untuk target publik dan 10 untuk target institusi/lembaga, ditemukan pola pain dan gain yang kuat kemudian divalidasi dengan survey online tentang pain gain tersebut kepada 100 target customer-nya untuk akhirnya menjadi pertimbangan masalah atau harapan mana dari target customernya yang akan diselesaikan oleh bisnisnya.
|
20 |
Published at :