POTENSI PENGEMBANGAN WISATA GUNUNG PUNTANG
PKM, Pada tanggal 18 Januari 2018 kegiatan PKM dilanjutkan dengan mengunjungi tempat wisata Gunung Puntang. Gunung Puntang merupakan objek utama sebagai solusi pengembangan marketing Produk UMKM yaitu dengan mendatangkan kunjungan wisatawan, sehingga produk UMKM seperti Kerajinan Perak, Kopi, Sepatu, Konveksi dan produk lainnya bisa meningkat penjualannya.
Kolaborasi dosen berbagai jurusan di Binus dalam melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), mempunyai peluang sangat strategis untuk pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengembangan potensi desa wisata di Bandung Selatan khsususnya dan jawa Barat serta Indonesia pada umunya. Selain kolaborasi dosen juga akan lebih sinergi dengan melibatkan mahasiswa untuk kegiatan kewirausahaan atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa-desa yang potensial.
Beberapa dosen yang ikut kegiatan di Gunung Puntang dari Program Study (Prodi) Marketing Communication, Desain Komunikasi Visual (DKV), Manajemen, Hotel Manajemen, Sisitem Informasi, Business Law dan prodi lainnya hal ini merupakan peluang kolaborasi yang bagus untuk menghasilkan output PKM yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan desa.
Berdasarkan pengamatan yang kami lakukan, belum optimalnya kerjasama berbagai institusi, mereka harus diberikan pengetahuan bagaimana setiap institusi baik institusi pemerintah maupun swasta dapat berperan dan berkontribusi dalam mengembangkan Potensi Wisata. Salah satu solusi untuk permasalahan ini yaitu dengan menggunakan alat (tools) konsep Business Model Canvas (BMC). Dengan konsep ini masing-masing institusi harus membuat BMC sehingga mereka dapat memetakan siapa partner yang potensial selama ini, dan siapa konsumen atau masyarakat yang dilayani.
Dalam konsep BMC ini ada sembilan blok atau bagian yang harus dikembangkan, pertama Customer Segment, kami ambil contoh BMC Pengelola Gunung Puntang, selama ini wisatawan yang berkunjung lebih banyak wisatawan domestik, sehingga pengelola Wisata Gunung Puntang dapat mengembangkan potensi wisatanya melalau kerjasama dengan dinas pariwisata agar wisatawan asing dapat berkunjung lebih banyak, sehingga institusi pemerintah ini harus membuat list kunjungan profile wisatawan. Dengan konsep ini perlu dikembangkan website untuk mendapatkan data yang diinginkan, atau dapat bekerjasama langsung dengan industri Tour & Travel, dengan peluang peluang diperlukan manajemen yang profesional.
Published at :