People Innovation Excellence
 

POTENSI PENGEMBANGAN UMKM DESA PASIRMULA

PKM, pada tanggal 17 Januari 2018 dosen Universitas Bina Nusantara (BINUS) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Pasirmulya Kabupaten Bandung. Kolaborasi dari Dosen BINUS  dari berbagai Program Study hadir untuk berdiskusi dengan Kepala Desa dan jajarannya serta UMKM (Usaha Menengah dan Kecil) di Desa Pasirmula.

 

 

Salah satu UMKM yang kami ajak diskusi yaitu Pengrajin Perak. Pengrajin Kerajinan Perak memproduksi berdasarkan order, Kerajinan Perak dari Desa Pasirmulya booming saat  pelaksanaan perayaan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung , dimana saat itu order banyak terutama untuk cicin batu akik.

Sumber :  http://www.isigood.com/wawasan/ini-dia-11-batu-akik-termahal-di-dunia/

 

 

Pak Eka sebagai pengrajin perak yang kami temui, mengatakan bahwa usaha kerajinan perak ini merupakan usaha turun temurun dari orangtuanya, selain sebagai pengrajin perak pak Eka memelihara domba sebagai hobby apabila tidak sedang memproduksi.

Proses pembuatan kerajinan perak menggunakan mesin sederhana, namun kreatifitas pengrajin perak sangat menentukan mutu produk kerajinannya. Pak Eka dan pengrajin lainnya belum membuat merek dagang untuk produknya, membuat produk berdasarkan pesanan dari pedagang, terutama pedagang kerajinan perak dari pasar Tanah Abang Jakarta.

Selain bisnis Kerajianan Perak, pengusaha ini juga mempunyai hobby memelihara Domba, dimana hobby ini merupakan peluang bisnis yang tidak kecil, karena komunitas ini banyak sekali terutama di daerah Priangan Timur yaitu Garut, Samarang, Banjaran dan daerah lainnya.

 

Kerajianan Perak ini merupakan peluang  bisnis yang dapat dikembangkan, selain dosen dan mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV), jurusan lainnya seperti Manajemen, Marketing Komunikasi dan jurusan lain dapat berkolabari. Sebagai contoh permasalahan yang dihadapi saat ini bidang pemasaran, karena pengrajin ini hanya memproduksi sesuai pesanan (order) dari pasar Tanah Abang Jakarta, mereka belum mempunyai merek sendiri, sehingga perlu dibantu oleh dosen dan mahasiswa DKV untuk membuat brand, kemasan, desain. Dan dosen Manajemen dan Marketing Komunikasi membantu bagaimana memasarkan produk Kerajinan Perak ini menjadi salah satu barang souvenir untuk wisatawan yang berkunjung ke Wisata Gunung Puntang.

 

 

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close