Photo by Magnet.me on Unsplash

Konten multimedia berdurasi singkat menjadi tren yang mendominasi di tahun 2024. hal ini diikuti dengan lonjakan popularitas platform seperti TikTok dan Instagram Reels yang terus menarik perhatian pengguna dari berbagai umur dan kalangan. Format konten singkat ini menawarkan pengalaman menyebarkan pesan dengan cepat, kreatif sehingga mudah diingat oleh audiens nya.

Bagi para penggiat bidang komunikasi, tren ini menjadi tantangan sekaligus peluang baru dalam dunia komunikasi. Seseorang harus bisa mengambil perhatian audiens hanya dengan durasi maksimal 10 menit. Karena durasi yang singkat, pembuatan konten berformat singkat ini bisa menjadi kemudahan sekaligus tantangan.

Menurut laporan dari perusahaan animasi video Wyzowl, persebaran video pendek ini berlangsung dua kali lebih cepat dibanding format konten lainnya. data tersebut menunjukkan besarnya potensi bagi para praktisi di bidang sosial media untuk memanfaatkan platform ini sebagai sarana promosi. Melalui pendekatan story telling yang dikemas secara menarik video singkat ini bisa meningkatkan brand awareness dan menarik audiens baru lewat sosial media.

Kualitas visual juga perlu diperhatikan dalam membuat konten, selain itu relevansi pesan dalam konten juga diperlukan untuk menargetkan siapa audiens yang akan dituju.

Dengan strategi yang tepat, konten video singkat  dapat menjadi alat komunikasi yang ampuh untuk promosi dan membantu brand atau perusahaan mencapai tujuan komunikasi yang lebih efisien. Sudahkah kamu coba membuat konten video singkat untuk promosi?