Peran Strategi E-Marketing dalam Mendukung Pertumbuhan Bisnis di Era Digital
E-marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang digunakan oleh bisnis untuk mempromosikan produk mereka dengan menggunakan media internet. Terdapat beberapa jenis e-marketing atau digital marketing. Jenis-jenis tersebut seperti SEM, influencer/affiliate marketing, content marketing, email marketing, social media marketing, hingga TV advertising. Di Indonesia, perkembangan strategi e-marketing ini berkembang sangat pesat. Perkembangan e-marketing ini tentu tidak lepas dari perkembangan teknologi serta pemanfaatan internet.
Berdasarkan laporan BPS berjudul ‘Statistik E-commerce 2022’, layanan internet banyak digunakan pelaku usaha untuk pemasaran digital dan iklan melalui media sosial maupun marketplace (kumparanNEWS, 2024). Pada dasarnya, pemasaran secara online atau e-marketing, dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Karena hal inilah banyak pelaku usaha yang mempromosikan produk mereka secara digital. Tidak terkecuali para pelaku bisnis UMKM. Mereka juga berlomba untuk mempromosikan produk mereka secara digital agar bisnis mereka terus berkembang. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia juga turut membantu proses digitalisasi pelaku UMKM.
Kadin Indonesia bersama 1ENGAGE dengan bangga mengumumkan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) untuk mendukung transformasi paradigma bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui program e-UMKM Naik Kelas menjadi #BintangDigital. Melalui kesepakatan ini diharapkan dapat membawa UMKM di Indonesia untuk memanfaatkan solusi digital yang inklusif serta mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di era digital.
Pemanfaatan e-marketing oleh UMKM juga terlihat dalam penelitian yang dilakukan oleh Wahyuni dkk dengan tujuan untuk mengetahui peranan e-marketing dalam mendukung penjualan produk kerajinan home industry R-Craft Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Hasilnya, e-marketing berperan dalam mendukung penjualan produk dari rumah produksi R-Craft yaitu menemukan consumer baru, membagikan informasi secara cepat, peningkatan penjualan, keamanan dalam menggunakan e-marketing, menghemat biaya dan tenaga, serta respon langsung (Wahyuni dkk., 2021). Penelitian ini telah menunjukkan peran yang begitu besar dari e-marketing yang sangat menguntungkan pelaku usaha.
E-marketing juga dilakukan oleh perusahaan besar seperti PT Sidomuncul. Mereka menerapkan strategi ini untuk menjangkau konsumen muda yang seringkali menggunakan media sosial. PT Sidomuncul menggunakan beberapa platform seperti instagram, tiktok, hingga youtube untuk membuat konten dan berkolaborasi dengan influencer. Mereka telah memiliki lebih dari 100 konten dan view mencapai lebih dari 7 juta dengan engagement rate yang baik di seluruh platformnya.
Peran besar dari e-marketing juga terlihat dalam penelitian yang dilakukan oleh Priansa dan Suryawardani. Mereka meneliti pengaruh e-marketing dan pemasaran media sosial pada keputusan belanja di e-commerce . Hasil menunjukkan bahwa pemasaran melalui media elektronik dan media sosial berada dalam kategori yang tinggi sehubungan dengan keputusan konsumen.
Pemasaran melalui media elektronik memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk melakukan pembelian sebesar 45,35% dan keputusan untuk melakukan pembelian sebesar 35,73%. Selain itu, pemasaran melalui media elektronik dan media sosial memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli sebesar 81,5%. Peran positif dari strategi e-marketing terlihat pula dalam penelitian dari Lady & Aini, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan brand awareness dan e-marketing pada toko natasyia collection pada situasi pandemi covid-19. Toko natasyia collection mengalami permasalahan karena belum adanya brand awareness serta pemasaran masih dilakukan secara konvensional. Toko natasyia collection mulai meningkatkan brand awareness dengan pemasakan logo dan banner di depan toko. Mereka juga mulai memasarkan produk secara online lewat platform instagram dan facebook serta marketplace seperti tokopedia. Penerapan e-marketing yang dilakukan toko natasyia collection diantaranya mengunggah konten sebanyak 2 kali dalam 1 minggu dengan pembagian 1 kali unggah sama dengan 1 feeds yang terdiri dari 3 postingan. Unggahan dilakukan secara bergantian, yang berarti tidak hanya produk, tetapi juga konten lain yang mengandung informasi tambahan. Mereka juga melakukan interaksi dengan konsumen seperti melakukan direct message kepada konsumen yang berpeluang untuk membeli. Toko natasyia collection mulai menjual produk melalui tokopedia. Mereka menampilkan gambar produk dengan model agar lebih menarik. Admin instagram mereka juga mengarahkan pembeli untuk berbelanja lewat tokopedia untuk meningkatkan penjualan mereka disana. Setelah implementasi ini, omzet penjualan selama 6 bulan terakhir meningkat. Toko natasyia collection berhasil menjangkau konsumen yang lebih luas berkat penerapan strategi e-marketing.
Melalui berbagai penelitian tersebut tentu terlihat peran e-marketing yang begitu menguntungkan bisnis dan perusahaan. Bisnis yang menerapkan strategi e-marketing akan menjangkau target pasar yang lebih jual dan membuat penjualan produk meningkat.
Reference:
Kelik Wahyu Nugroho. “Perkembangan Digital Marketing Saat Ini: AI Tingkatkan Efisiensi Pemasaran.” Kumparan, 3 Feb. 2024, kumparan.com/kumparannews/perkembangan-digital-marketing-saat-ini-ai-tingkatkan -efisiensi-pemasaran-224ZBhnQOku/1.
Lady, Lady, and Lisa Aini. “Penerapan Brand Awareness Dan E-Marketing Pada Toko Natasyia Collection Pada Situasi Pandemi COVID-19.” ConCEPt – Conference on Community Engagement Project, vol. 1, no. 1, 7 May 2021, pp. 2261–2273.
Maulana Erdio Firmansyah. “Digital Marketing Yang Diterapkan Oleh PT Sidomuncul – Kompasiana.com.” KOMPASIANA, Kompasiana.com, 7 Dec. 2023, www.kompasiana.com/maulanaerdiof5704/6571ac3d12d50f128f3d3f02/digital-marke ting-yang-diterapkan-oleh-pt-sidomuncul.
Muhtar. “Mangenal Digital Marketing Dan Jenis-Jenisnya – UICI.” UICI, 7 May 2024, uici.ac.id/mangenal-digital-marketing-dan-jenis-jenisnya/.
Priansa, Donni Juni, and Bethani Suryawardani. “Effects of E-Marketing and Social Media Marketing on E-Commerce Shopping Decisions.” Jurnal Manajemen Indonesia, vol. 20, no. 1, 30 Apr. 2020, https://doi.org/10.25124/jmi.v20i1.2800.
Rania, Darin. “Apa Itu E-Marketing, Keuntungan, Dan Jenisnya.” Jubelio, 13 Oct. 2023, jubelio.com/apa-itu-e-marketing-keuntungan-dan-jenisnya/.
Wahid. “Kadin Indonesia Dan 1ENGAGE Berkolaborasi Untuk Transformasi Digital UMKM.” Marketing.co.id, 11 Jan. 2024, marketing.co.id/kadin-indonesia-dan-1engage-berkolaborasi-untuk-transformasi-digit al-umkm/.
Wahyuni, Nur Dian, et al. “PENJUALAN PRODUK KERAJINAN TANGAN HOME INDUSTRI R-CRAFT BERBASIS E-MARKETING.” Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship and Innovation, vol. 2, May 2021, https://doi.org/10.31960/ijoeei.v2i1.1039.
Comments :