Zaman sekarang live merupakan salah satu cara marketing yang paling efektif dan salah satu media komunikasi di sosial media yang telah dipakai hampir seluruh brand. Banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan live suatu brand salah satunya yaitu memilih host live yang tepat. Host live sangat berpengaruh bagaimana live tersebut dapat mengait audiens yang tepat dan juga menggambarkan brqnd tersebut dengan baik. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjadi host live yang baik:

  1. Kuasai pengetahuan tentang brand dan materi yang akan dibawakan

Tentunya suatu host live akan menggambarkan brand itu sendiri, oleh karena itu sebagai host live yang baik tentunya anda harus mengetahui visi dan misi brand itu sendiri. Dari mengenal brand tersebut anda juga dapat mengetahui dan mengenal target audiens yang ingin anda capai.  Selain itu setiap materi yang akan dibawakan saat live harus dikuasai dengan baik oleh seorang host live agar live tersebut dapat berjalan secara maksimal.  Materi itu dapat berupa cue card, rundown, dan sebagainya.

  1. Percaya diri dan lakukan latihan sesering mungkin.

Dengan melakukan latihan terus – menerus maka secara tidak langsung membuat diri  anda terbiasa dan lebih percaya diri saat melakukan live nantinya. Hal ini juga dapat meningkatkan public speaking anda ketika berbicara dengan para audiens. Selain itu dengan melakukan latihan anda dapat melakukan evaluasi agar dapat memperbaiki apa yanv kurang.

  1. Gunakan bahasa tubuh yang positif dan juga bahasa yang baik dan benar.

Ekspresikan diri Anda dengan bahasa tubuh yang positif dan percaya diri. Senyum, kontak mata, dan gerakan tangan yang sesuai dapat meningkatkan keterhubungan dengan audiens Anda. Hindari sikap yang terlihat tertutup atau tidak ramah. Bahasa yang baik dan benar juga diperlukan untuk menghindari pelanggaran – pelanggaran yang dapat terjadi. Selain itu bahasa yang baik akan menampilkan citra yang baik bagi brand itu sendiri.