Binus University @Bekasi, 10 Juni 2024 – “Public Speaking Workshop with Wall Street English”, Workshop yang ditujukan untuk membantu mahasiswa dalam menghadapi rasa takut, cemas, atau gugup saat melakukan public speaking atau presentasi dalam bahasa Inggris.

Pembahasan tentang public speaking pada workshop ini dipilih karena ketakutan berbicara di depan umum, yang dikenal dengan Glossophobia, diyakini mempengaruhi hingga 75% populasi. Kondisi ini menjadi tantangan yang besar bagi banyak orang, terutama dalam konteks akademis dan profesional, dimana kemampuan berbicara di depan umum sangat diperlukan.

Workshop ini menghadirkan Nova Ayu Rahmadya, seorang English Trainer di Wall Street English Indonesia. Dengan pengalamannya yang luas dalam mengajar bahasa Inggris dan keterampilan berbicara di depan umum, Nova Ayu Rahmadya memberikan wawasan dan teknik yang berguna bagi para peserta.

Dalam workshop ini, berbagai topik penting mengenai public speaking dibahas, seperti komunikasi verbal: teknik berbicara dan penggunaan bahasa yang tepat. Lalu, komunikasi nonverbal: penggunaan bahasa tubuh dan ekspresi wajah untuk mendukung penyampaian pesan. Selanjutnya, kualitas vokal: pengaturan intonasi, volume, dan tempo bicara. Yang terakhir yaitu teknik-teknik untuk mengendalikan rasa gugup dan meningkatkan rasa percaya diri saat berbicara di depan umum.

Tidak hanya sekedar menyampaikan materi, Nova Ayu Rahmadya juga mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan interaktif. Salah satu kegiatan menarik adalah senam lidah menggunakan frasa yang sulit diucapkan. Latihan ini membantu peserta untuk memperjelas pengucapan mereka saat melakukan presentasi. Selain itu, peserta juga diajak untuk melakukan latihan pernafasan yang bertujuan untuk mengatur ritme detak jantung, sehingga dapat mengurangi rasa gugup.

Workshop ditutup dengan sesi Q&A (Question and Answer) antara narasumber dan mahasiswa. Ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban langsung dari ahli. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama, menciptakan kenangan yang positif bagi semua yang hadir.

Dengan diadakannya workshop ini, diharapkan mahasiswa dapat semakin percaya diri dalam melakukan presentasi atau public speaking, baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Penyampaian lisan yang jelas dan bahasa tubuh yang efektif diharapkan dapat menarik perhatian audiens dan meningkatkan kualitas presentasi mereka.