Menurut riset dari IBM, pengembangan perangkat lunak merupakan istilah dalam ilmu komputer. Maknanya adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk merancang, membuat, mengaplikasikan, dan mendukung atau meningkatkan fungsi perangkat lunak.

Komponen komputer terdiri dari dua jenis, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras merupakan komponen fisik, sedangkan perangkat lunak berupa material tidak kasat mata. Saat mengoperasikan komputer, kedua komponen ini bekerja secara bersamaan.

Perangkat keras atau hardware menjadi wadah dari perangkat lunak yang membutuhkan media untuk dapat bekerja. Sebaliknya, perangkat keras komputer tidak dapat berfungsi tanpa adanya perangkat lunak. Jadi, kedua komponen ini saling membutuhkan satu sama lain.

Perangkat lunak sering disebut dengan istilah software, berisi serangkaian program yang membuat perangkat keras bisa berfungsi sehingga komputer dapat dioperasikan. Program ini berisi instruksi dalam format digital yang dibuat dengan bahasa pemrograman.

Umumnya, terdapat tiga jenis perangkat lunak dalam komputer, yaitu sistem, program, dan aplikasi. Sistem menyediakan fungsi paling inti dari sebuah komputer. Contohnya, sistem operasi Windows, manajemen hardware, memori penyimpanan, dan sebagainya.

Jenis yang kedua adalah perangkat lunak yang bisa dipakai untuk membuat program. Aplikasi merupakan perangkat lunak yang paling sering Anda gunakan saat mengoperasikan komputer. Misalnya, aplikasi office, pemutar media, antivirus, dan lain-lain.

Pengembangan produk merupakan suatu proses yang rumit dan sering kali memerlukan strategi yang tepat untuk mencapai kesuksesan. Dalam konteks ini, terdapat dua pendekatan yang umum digunakan, yaitu Agile dan Prototype. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi risiko, keduanya memiliki pendekatan yang berbeda dalam mengelola proses pengembangan.

Metode Agile menekankan fleksibilitas, kolaborasi, dan adaptabilitas dalam pengembangan perangkat lunak dan produk lainnya. Pendekatan ini melibatkan pembagian proyek menjadi iterasi kecil yang disebut “sprint”, dengan setiap sprint difokuskan pada pengembangan fitur atau fungsi tertentu. Tim yang terlibat dalam pengembangan bekerja sama secara terus-menerus untuk menghasilkan produk yang dapat digunakan secara fungsional setiap kali iterasi selesai.

Salah satu prinsip kunci dari metodologi Agile adalah kemampuan untuk merespons perubahan dengan cepat, memungkinkan tim untuk menyesuaikan rencana mereka dengan mudah jika ada perubahan dalam kebutuhan atau prioritas. Pendekatan ini memungkinkan produk untuk berkembang secara organik, dengan pemangku kepentingan dapat melihat kemajuan secara berkala dan memberikan umpan balik yang berarti.

Prototipe, di sisi lain, adalah representasi awal dari produk yang direncanakan. Tujuannya adalah untuk menguji ide, fitur, atau konsep tertentu sebelum melakukan investasi besar dalam pengembangan produk penuh. Prototipe dapat berupa sketsa kasar, model 3D, atau bahkan versi sederhana dari perangkat lunak yang berfungsi.

Pengembangan prototipe melibatkan proses iteratif di mana prototipe awal diperbaiki berdasarkan umpan balik yang diterima dari pengguna atau pemangku kepentingan. Pendekatan ini memungkinkan tim pengembangan untuk menguji berbagai ide tanpa harus menghabiskan banyak waktu atau sumber daya. Keberhasilan prototipe dapat menjadi dasar untuk pengembangan produk selanjutnya.

Meskipun Agile dan prototyping adalah dua pendekatan yang berbeda dalam pengembangan produk, keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan efisiensi, meminimalkan risiko, dan menghasilkan produk berkualitas. Sementara metode Agile menekankan pengembangan iteratif dan kolaboratif, prototyping bertujuan untuk menguji ide sebelum komitmen besar dalam pengembangan produk. Kombinasi keduanya dapat menjadi strategi yang kuat dalam mencapai kesuksesan dalam pengembangan produk yang kompleks.

 

Referensi:
https://www.dicoding.com/blog/metode-sdlc/

https://www.scribd.com/doc/306353884/Chapter-6-Summary-Agile-Modeling-and-Prototyping

https://www.yodiz.com/blog/agile-vs-prototyping/

https://foreignerds.com/whats-the-difference-between-agile-development-and-prototyping/