Sumber: medium.com

Media sosial telah menjadi bagian yang melekat pada kehidupan kita seiring dengan perkembangan era digital saat ini. Berbagai macam platform media sosial juga tercipta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bersosialisasi. Media sosial juga menjadi wadah atau perantara yang penting bagi sebuah bisnis agar dapat tetap terhubung dengan konsumen. Namun, dengan algoritma yang terus berubah mengikuti perkembangan tren dan minat setiap orang waktu ke waktu, mungkin kebanyakan bisnis akan kewalahan untuk memonitor atau menavigasi media sosial sendirian. Maka dari itu, profesi konsultan media sosial sangatlah dibutuhkan untuk era digital ini. Namun, apa saja yang perlu dilakukan oleh seorang konsultan media sosial untuk membantu agar sebuah bisnis dapat mencapai kesuksesannya?

Sumber: warburtonadvisers.com

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa media sosial telah membuat sebuah inovasi dalam cara berinteraksi sebuah bisnis dengan konsumen mereka. Media sosial membuka cara baru untuk memasarkan dan mengkomunikasikan produk yang mereka tawarkan. Namun, di satu sisi, media sosal justru dapat membuat sebuah bisnis kewalahan untuk mengikuti tren dan strategi bisnis yang tidak konstan dan terus berkembang pesat. Dalam hal ini, konsultan media sosial akan membantu sebuah bisnis dalam menyiasati strategi berbisnis menggunakan media sosial dan jejaring internet. Konsultan media sosial adalah seorang profesional yang memiliki keahlian dalam menciptakan dan menerapkan strategi media sosial untuk kesuksesan pemasaran dan komunikasi suatu bisnis.

Sumber: virtualspirit.me

Konsultan media sosial bertanggung jawab untuk mengelola dan mengoptimalkan berbagai platform media sosial perusahaan untuk meningkatkan kesadaran brand, meningkatkan interaksi dan komunikasi dengan konsumen, serta mengarahkan konsumen ke situs web sebuah bisnis. Konsultan media sosial diharapkan dapat membantu sebuah bisnis untuk mengembangkan dan menerapkan strategi media sosial dengan efektif dan inovatif. Konsultan media sosial harus mengikuti berbagai perkembangan tren terbaru serta memiliki pengetahuan dan keahlian untuk membantu bisnis memanfaatkan media sosial demi mencapai kesuksesan.

Sumber: linkedin.com

Kini, bisnis dan dunia media sosial kian bersaing dan kompetitif untuk menarik konsumen agar tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan oleh sebuah bisnis. Maka dari itu, suatu bisnis membutuhkan pendekatan strategis untuk tampil berbeda dan menarik. Di BINUS University @Bekasi, terdapat program yang mampu memberikan materi secara teori serta praktek akademis untuk menjadi seorang konsultan media sosial, yaitu program Business Information Technology. Dalam program ini, mahasiswa akan dibantu untuk memiliki keahlian dalam pengembangan sistem komputer guna memecahkan berbagai masalah dalam bisnis sekaligus membuat keputusan manajerial. Perlu diketahui, keahlian di bidang teknologi informasi dan komputasi dibutuhkan untuk mengembangkan sistem komputer yang canggih untuk sebuah kesuksesan bisnis.