Sumber: CNN Indonesia

Di era digital saat ini, siapa yang tidak mengenal apa itu live streaming? Dulu, live streaming hanya dilakukan sebagai tren hiburan dan tidak secara langsung memasarkan sebuah brand atau produk. Namun akhir-akhir ini live streaming untuk berjualan mulai digemari dan dilakukan oleh hampir semua brand maupun pelaku usaha yang ingin memasarkan produknya. Dengan banyaknya orang yang melakukan live streaming untuk berjualan, hal ini menjadikan live streaming sebagai tren pemasaran baru di dunia digital. Apalagi, respon pembeli pun sangat baik dengan teknik pemasaran terbaru ini yang menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan teknik pemasaran lainnya.

Live streaming yang dilakukan oleh brand maupun seller tentunya perlu didukung oleh sebuah platform. Nah, dengan banyaknya media sosial maupun aplikasi e-commerce yang menyediakan fitur tersebut untuk mendukung para brand maupun seller yang menggunakan platform tersebut. Dengan maraknya tren belanja live streaming, para brand maupun seller berlomba-lomba untuk memikirkan ide-ide yang paling menarik untuk menarik minat para pelanggan agar menonton dan melakukan pembelian pada live streaming tersebut. Para brand pun mulai mempekerjakan karyawan khusus yang bekerja untuk menjalankan live streaming secara berkala, di mana streaming dari brand tersebut pun tidak pernah berhenti dan selalu tersedia agar dapat meraih brand awareness yang tinggi dari para pelanggan.

Selain upaya yang dilakukan oleh brand dan seller, ada pula upaya yang dilakukan oleh perusahaan aplikasi dan platform live streaming. Salah satu hal yang mereka lakukan untuk meramaikan tren live streaming adalah dengan memberikan promo dan penawaran khusus bagi mereka yang bertransaksi saat live streaming shopping berlangsung. Hal ini membuat jumlah orang yang menonton dan melakukan pembelian di platform tersebut serta menggunakan fitur live shopping semakin meningkat.

Keberhasilan live shopping bahkan mencapai angka fantastis dan melampaui penjualan langsung di toko. Salah satu rekor penjualan dipecahkan oleh seorang beauty specialist, Richard Lee yang berhasil memecahkan rekor omzet penjualan live streaming yang sebelumnya dipegang oleh selebriti Raffi Ahmad di Shopee Live, yakni dengan total penjualan hingga 8 miliar selama 2,5 jam live streaming dalam kampanye 8.8 Grand Beauty and Fashion Festival di aplikasi Shopee. Hal ini menunjukkan bahwa live shopping Shopee memiliki peluang yang sangat besar. Selain itu, Live shopping melalui Shopee Live memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara pembeli dan penjual secara real-time sehingga dapat dijadikan sebagai sarana promosi dan pemasaran yang menarik dan dapat membantu keputusan pembelian. Dengan adanya komunikasi ini, pembeli tidak lagi bingung dan dapat bertanya langsung kepada host live untuk menentukan produk yang ingin dibeli.

Dari tren live shopping yang terjadi di berbagai platform media online, live shopping menjadi salah satu trik marketing yang ampuh dan berhasil dilakukan oleh brand maupun seller dengan mudah. ​​Live shopping akan terus berjalan dengan respon positif dari konsumen dan juga dukungan dari platform pendukung live shopping. Dengan adanya live streaming ini, nama sebuah brand akan cepat dikenal asalkan bisa menemukan strategi yang membuat live streaming mereka berbeda dan viral dibandingkan brand lainnya. Ke depannya tentu saja live shopping akan terus berlanjut dan menjadi salah satu tren digital marketing yang paling efektif di Indonesia.