Image by Freepik

E-marketing atau digital marketing adalah proses periklanan produk atau layanan perusahaan menggunakan teknologi digital yang tersedia di internet, termasuk telepon seluler, iklan tampilan, dan media digital lainnya seperti iklan di Google dan Facebook, dan sebagainya. Digital marketing juga mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel, komputer, atau internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web lainnya untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Digital marketing memiliki 4 komposisi yang dikenal dengan 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Product berarti produk yang ditawarkan, apakah produk yang ingin ditawarkan sudah sesuai dengan permintaan yang ada? Dan apakah konsumen dapat menerima produk yang dijual jika dipasarkan melalui internet? Hal ini perlu diperhatikan bagi produsen supaya pemasaran dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya, price adalah harga dari produk tersebut, harga memainkan peran yang sangat penting dalam melakukan pemasaran karena dengan adanya pemasaran online, konsumen dapat dengan mudah melihat harga dari produk pesaing, menggunakan harga yang wajar penting agar pemasaran dapat dilakukan dengan baik.

Ketiga adalah place dimana konsumen harus dapat dengan mudah mencari toko kita secara online, hal ini akan melibatkan SEO yang baik dan juga presensi sosial media yang efektif. Terakhir adalah promotion dimana perusahaan perlu dapat memasarkan dengan efisien melalui keyword yang efektif, terutama karena terbatasnya tempat untuk melakukan pemasaran di internet.

Image by macrovector on Freepik

Ada banyak jenis strategi implementasi pemasaran digital seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM), Content Marketing, Email Marketing Pemasaran Konten, Pemasaran Email, Iklan Online, situs web, Pemasaran Afiliasi, dan Pemasaran Viral. Saat ini, digital marketing adalah salah satu jenis strategi yang sering dipakai oleh perusahaan, hal ini dapat dilihat melalui pengeluaran perusahaan untuk digital marketing dimana menurut Statista, pengeluaran untuk pemasaran online di Indonesia di tahun 2024 sudah mencapai tiga juta dolar, dan secara global pengeluarannya mencapai 740 miliar dolar.

Dominos Pizza adalah salah satu restoran pizza dengan cabang terbanyak di dunia yang berdiri pada tahun 1960, namun pada tahun 2000 awal mereka sedang berjuang melawan image yang buruk karena kualitas pizza yang sangat rendah dan hal ini juga direfleksikan pada harga sahamnya yang berada pada all time low. Dengan adanya hal ini manajemen memiliki misi baru yaitu untuk meningkatkan image perusahaan dengan meningkatkan kualitas makanan dan menginformasikannya kepada konsumen, salah satunya melalui digital marketing.

Dengan adanya digital marketing, Dominos Pizza dapat memberitahu konsumen bahwa pizza yang dibuatnya sudah memiliki kualitas yang lebih baik dan juga Dominos Pizza menggunakan digital marketing untuk mendapatkan feedback dari konsumen atas hal-hal yang dapat ditingkatkan.

Selain itu, Dominos Pizza juga memanfaatkan teknologi melalui pembuatan aplikasi di smartphone untuk memudahkan konsumen memesan pizza mereka dan mereka juga aktif di hampir seluruh media sosial seperti Instagram, Youtube, X, Facebook, Zomato, dll. Dan mereka juga memiliki website sendiri dengan kinerja SEO yang baik.

Dominos Pizza adalah salah satu contoh bagaimana dengan menggunakan digital marketing dapat membalikkan reputasi perusahaan yang sudah buruk dengan cara memasarkan bahwa perusahaan telah meningkatkan kualitas produknya kepada konsumen, dan dengan adanya sosial media membuat dominos pizza untuk memiliki akses terhadap umpan balik konsumen yang dapat digunakan untuk terus meningkatkan produk dan layanan perusahaan. Hal inilah yang membuat Dominos Pizza dapat bertahan sampai sekarang dan tetap menjadi restoran cepat saji pizza yang terbesar di dunia.

 

 

Sumber:

Panda, Manasmita & Mishra, Aishwarya. (2022). DIGITAL MARKETING.

Kingsnorth, S. (2019). Digital Marketing Strategy: An integrated approach to online marketing. http://elibrary.gci.edu.np/bitstream/123456789/3127/1/Bt.bm.522Digital%20Marketing%2 0Strategy%20An%20Integrated%20Approach%20to%20Online%20Marketing%20by%2 0Simon%20Kingsnorth.pdf

https://www.statista.com/outlook/dmo/digital-advertising/indonesia

https://www.statista.com/outlook/dmo/digital-advertising/worldwide Case Study digital marketing: Dominos Pizza

Kumar, Navaneeth & Singh, Padmalini & Shan, Liew & Mui, Daisy & Kee, Daisy & Mei, Lee & Ying, Ngai & Ooi, Yu Zhi & Zhi,. (2021). A Case Study on Domino’s Business Survival Strategy During the Covid-19 Pandemic.

https://digitalscholar.in/dominos-digital-marketing-strategies/

https://www.ciim.in/dominos-digital-marketing-strategy-case-study/