E-Commerce vs. E-Marketplace: Pemahaman Dasar dan Dampak Kampanye Digital
E-Commerce merupakan bagian dari E-Business. E-Business merupakan aktvitas bisnis yang terhubungkan secara digital/Online. E-Commerce sendiri merupakan Proses pembelian, proses penawaran produk, atau transfer barang, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer. E-commerce memberikan kemudahan dalam berbisnis dengan cara para pelaku transaksi baik penjual atau pembeli tidak lagi harus bertemu bertatap muka untuk melakukan transaksi, mereka dapat melakukan proses jual beli secara Online. Proses transaksi menjadi lebih cepat dan efisien. Tetapi ada kekurangan dari E-Commerce yaitu pembeli tidak dapat melihat dan menyentuh produk-produk yang akan mereka beli. Terdapat juga beberapa kejadian dimana pembeli tertipu saat barang sudah datang.
Tetapi E-Commerce berbeda dengan E-Marketplace. E-Marketplace adalah sebuah platform online yang menghubungkan penjual dan pembeli dan membiarkan pihak ketiga untuk memasarkan dan menjual produknya pada platform. E-Markeplace merupakan bagian dari E-Commerce. Contoh E-marketplace yang ada di Indonesia yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada, BliBLi, dll.
Terdapat beberapa jenis E-Commerce yaitu Business to Business (B2B), Business to Customer (B2C), Customer to Customer (C2C), Customer to Business (C2B), Business to Government (B2G)
Study Case diambil dari Liputan6, Keberhasilan Kampanye Digital Dua Brand E-Commerce Terbaik Indonesia bersama Emtek Digital Menghasilkan 790% dan 866% CTR Uplif
Pemerintah mencatat nilai transaksi ekonomi e-commerce pada kuartal 1 tahun 2022 telah mencapai Rp 108,54 triliun. Capaian tersebut mengalami pertumbuhan 23 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Data tersebut menunjukkan pandemi telah mendorong percepatan penggunaan teknologi digital di masyarakat. Dalam upaya bersaing, dua brand e-commerce terkemuka bekerja sama dengan Emtek Digital untuk meningkatkan kesadaran konsumen melalui kampanye digital. Emtek Digital, dengan jaringan publisher dan keahlian dalam audiens targeting, membantu kedua brand menjalankan kampanye banner di KLY selama 14 hari. Kampanye ini berhasil mencapai CTR uplift sebesar 790% dan 866%, dengan lebih dari 500 ribu impresi dan 440 ribu reaksi dari audiens, yang mendorong peningkatan penjualan di situs mereka.
Referensi:
https://midtrans.com/id/blog/e-business-adalah
https://feedvisor.com/resources/e-commerce-strategies/what-is-an-e-marketplace/
Comments :