Adopsi Teknologi Baru dalam Pendidikan Akuntansi
Inovasi teknologi terbaru akan terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman, dan teknologi itu akan memberikan dampak yang sangat signifikan dalam berbagai sektor. Dalam dunia pendidikan, perkembangan teknologi sangat mempengaruhi pelaksanaan kegiatan belajar, khususnya sejak terjadinya pandemi COVID-19 yang lalu. Tentu saja, pemanfaatan teknologi terbaru tersebut harus sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pelaksanan pendidikan itu sendiri sehingga dapat secara efektif meningkatkan kualitas pembelajaran. Dan, penggunaan teknologi akan memperluas akses terhadap pendidikan yang berkualitas.
Dalam pendidikan akuntansi saat ini, tentu saja perkembangan teknologi memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap kualitas pembelajaran. Keilmuan akuntansi yang memang erat dengan pemanfaatan teknologi terkini, seperti penggunaan software, menjadikan para pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan akuntansi harus selalu update dengan perkembangan teknologi. Dan, alasan berikutnya yang tidak kalah penting adalah karakteristik generasi sekarang saat ini yang memang sangat akrab dengan teknologi itu sendiri, sehingga untuk menjaga motivasi mereka dalam belajar akuntansi maka pemanfaatan teknologi tidak bisa dihindari.
Teknologi sudah sangat membantu merubah dunia pendidikan akuntansi. Profesi akuntan sendiri telah terdorong kepada posisi yang tidak dibayangkan sebelumnya akibat perkembangan teknologi yang terjadi, seperti semakin berkembangnya software akuntansi serta berkembangnya penggunaan artificial intelligence dalam dunia keuangan (Amdanata et al, 2023). Karena itu, para mahasiswa akuntansi harus memiliki kemampuan dalam memanfaatkan perkembangan tersebut untuk menunjang aktivitas belajarnya. Tenaga pendidik akuntansi harus dapat memfasilitasi mahasiswa akuntansi untuk menyiapkan diri mereka familiar dengan perkembangan teknologi informasi dan dan mengimplementasikan dalam dunia profesionalnya.
Adopsi teknologi ke dalam program pendidikan akuntansi sendiri akan memberikan beberapa manfaat bagi para mahasiswa. Pertama, mahasiswa akan didorong untuk menghasilkan kinerja yang efisien dan akurat dengan pemanfaatan teknologi tersebut. Mereka akan belajar untuk semakin mengurangi human error serta kecepatan dalam menyelesaikan pekerjaan. Kedua, mahasiswa memiliki pengalaman praktis yang lebih baik, dengan catatan bahwa lembaga pendidikan akuntansi tersebut dapat memfasilitasi dengan perkembangan teknologi yang ada di industri. Ketiga, adopsi teknologi ke dalam pendidikan akuntansi akan meningkatkan aksesibilitas ilmu akuntansi serta meningkatkan technology literacy para mahasiswa.
Namun, ada beberapa tantangan dalam adopsi teknologi tersebut. Pertama, ketersediaan infrastruktur. Tidak dapat dinafikan bahwa penyediaan infrastruktur teknologi bukanlah sesuatu hal yang murah. Karena itu, perlu ada inovasi yang dilakukan agar ketersediaan infrastruktur tersebut mencukupi. Kedua, ketersediaan sumber daya pendidik yang menunjang. Dengan perubahan teknologi yang begitu cepat berkembang, pelatihan teknologi terhadap pendidik akuntansi harus secara konsisten dan kontinu dilakukan sehingga tidak ada gap antara dunia pendidikan akuntansi dan industri.
Langkah penting yang harus dilakukan agar adopsi teknologi ke pendidikan akuntansi mencapai keberhasilan adalah integrasi teknologi ke dalam kurikulum akuntansi dan kolaborasi dengan industri. Pengembangan kurikulum akuntansi harus secara terus menerus dilakukan dengan serta mengintegrasikan perkembangan teknologi ke dalamnya. Perlu dilakukan evaluasi dan penyesuaian dengan industri secara kontinu. Karena itu, langkah penting yang kedua adalah kolaborasi dengan industri. Hal ini dikarenakan industri lebih responsif dengan perkembangan teknologi, karena itu pendidikan akuntansi harus memastikan relevansi pembelajaran dengan praktik di industri tersebut.
Referensi:
Alghafiqi B., dan Munajat E. 2022. Dampak Teknologi Artificial Intelligence Pada Profesi Akuntansi. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia. Vol 2
Amdanata D.D., Burhan, Seswandi A., Annisava A.R. 2023. Siapkah Mahasiswa Akuntansi Menghadapi Artificial Intelligence Dalam Akuntansi?. Jurnal Akuntansi Kompetif. Vol 6 (1)
Https://Www.Kompas.Id/Baca/Humaniora/2024/04/25/Pendidikan-Tinggi-Didorong-Adopsi-Dan-Integrasikan-Kecerdasan-Buatan
Comments :