Promosi ritel sering kali menjadi biaya terbesar dalam laporan keuangan banyak pengecer. Meski demikian, banyak pengecer masih menggunakan pendekatan umum dalam menjalankan promosi yang berakibat pada penjualan dan keuntungan yang hilang. Artikel ini akan menggabungkan strategi dan ide promosi yang telah terbukti efektif untuk membantu pengecer meningkatkan penjualan dan margin keuntungan mereka.

Menentukan Waktu yang Tepat untuk Promosi

Efektivitas promosi bervariasi tergantung pada waktu dalam setahun, hari libur, dan bahkan hari dalam minggu. Misalnya, selama hari libur seperti Natal, Hari Valentine, dan Hari Ibu, konsumen cenderung lebih aktif berbelanja. Analisis terbaru menunjukkan bahwa respons pelanggan terhadap diskon promosi bisa tiga kali lebih tinggi selama periode liburan dibandingkan dengan periode non-liburan dan dua kali lebih tinggi selama akhir pekan dibandingkan hari kerja (Weber & Randall, 2018).

Memahami Saluran yang Tepat untuk Promosi

Penting untuk mengatur promosi berdasarkan saluran yang paling efektif, baik itu di toko fisik atau online. Misalnya, struktur promosi yang lebih rumit seperti beli satu item dan dapatkan diskon untuk item kedua, cenderung bekerja lebih baik di toko fisik. Sedangkan diskon langsung 20% lebih efektif untuk penjualan online (Weber & Randall, 2018).

Menargetkan Produk yang Tepat

Tidak semua produk yang dijual pengecer memiliki daya tarik yang sama. Beberapa produk memiliki elastisitas yang lebih tinggi atau kekuatan harga yang lebih kuat. Misalnya, promosi untuk item fashion yang sedang tren lebih efektif dalam menarik pelanggan ke toko dibandingkan dengan barang sehari-hari. Sementara itu, barang dengan harga lebih rendah dan merek sub-produk dengan harga agresif juga lebih efektif dalam meningkatkan lalu lintas toko (Weber & Randall, 2018) .

Menggunakan Taktik Promosi yang Tepat

Promosi terdiri dari berbagai alat yang kaya, dan tidak cukup hanya menggunakan satu jenis promosi untuk semua situasi. Misalnya, jika tujuan Anda adalah meningkatkan ukuran keranjang belanja, promosi bertingkat yang lebih kompleks, seperti memberikan diskon yang semakin besar untuk setiap item berikutnya yang dibeli, mungkin merupakan cara yang lebih baik (Weber & Randall, 2018).

Menargetkan Kelompok Pelanggan yang Tepat

Meskipun visi banyak pengecer adalah strategi promosi yang disesuaikan untuk setiap konsumen, hal itu seringkali tidak dapat dicapai atau praktis. Namun, Anda tetap perlu memastikan bahwa upaya Anda menargetkan pelanggan terpenting yang dapat memberikan dampak signifikan, baik yang mendorong penjualan terbanyak atau yang paling menguntungkan (Weber & Randall, 2018).

Mengadakan Acara

Acara memberikan kesempatan untuk menarik pelanggan baru sekaligus menambah nilai bagi pelanggan yang sudah ada. Acara dapat beragam mulai dari pesta liburan atau tema hingga sesi informasi. Salah satu acara yang semakin populer adalah “meet the maker” yang memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk bertemu dengan orang di balik merek atau produk yang dijual, sehingga mempererat hubungan antara Anda, pelanggan, dan pemasok (FedEx, 2024).

Bekerja untuk Komunitas

Langkah-langkah sederhana dapat mengubah komunitas lokal menjadi pendukung toko Anda. Misalnya, menyumbangkan sebagian penjualan untuk amal lokal atau memberikan penghargaan/diskon kepada pelanggan yang melakukan kebaikan. Memperjuangkan masalah sosial atau lingkungan yang penting bagi komunitas dapat memberikan dorongan positif bagi citra toko Anda (FedEx, 2024).

Jam Belanja Khusus

Memberikan perlakuan VIP kepada pelanggan setia dengan jam belanja khusus adalah promosi yang sangat disukai. Pelanggan mendapatkan kesempatan untuk berbelanja jauh dari keramaian, terutama selama musim liburan. Ini juga membantu meningkatkan keterlibatan dan loyalitas, serta membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan .

Memberikan Hadiah

Memberikan hadiah dapat menarik pelanggan ke toko Anda dan menunjukkan apresiasi. Contohnya, tas belanja gratis untuk pembelian di atas jumlah tertentu, diskon ekstra untuk pelanggan yang memilih struk email, atau minuman gratis seperti cokelat panas pada hari-hari dingin.

 

 

Refferences:

FedEx. (2024). 5 promotion ideas to boost retail sales. FedEx. https://www.fedex.com/en-us/small-business/articles-insights/retail-promotion-ideas.html

Weber, J., & Randall, C. (2018). For Better Retail Promotions, Ask These Questions. Harvard Business Review. https://hbr.org/2018/11/for-better-retail-promotions-ask-these-questions