Binus University @Bekasi, 25 Juni 2024, telah mengadakan acara yang dinanti-nantikan, yakni Industry Gathering dengan tema talkshow “Future Economic and Technology Outlook”. Acara ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari berbagai industri dan perusahaan di Bekasi dan sekitarnya, termasuk pemimpin HR, IT, Business, dan Learning and Development (LnD) dari perusahaan swasta maupun BUMN.

Acara dibuka dengan doa oleh Adi Teguh. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Gatot Soepriyanto, Ph.D., selaku Campus Director BINUS @Bekasi. Setelah itu, Ferry Winoto, S.Kom., MM, CCNP, MCP, yang merupakan Professional Service Director BINUS Creates, memberikan sosialisasi mengenai kerjasama yang bisa dikembangkan bersama BINUS.

Acara ini menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Mohamad Ikhsan Modjo, SE., M.Comm., Ph.D. sebagai Pengamat Ekonomi & Akademisi dari BINUS University serta Senior Policy Advisor dan Paulus Budiman sebagai Corporate IT Business Partner and Solution Architect. Talkshow dipandu oleh Arleen Ariestyani, yang menjabat sebagai Deputy Head of Communication Department, yang memberikan pengantar topik dan kesimpulan antara paparan pembicara.

Tujuan utama dari acara ini adalah untuk memberikan informasi terkini dari perkembangan besar teknologi dan dinamika ekonomi global saat ini serta strategi keberlanjutan guna membuka jalan menuju masa depan yang berkelanjutan.

Pembicaraan mengenai proyeksi ekonomi menyoroti beberapa perubahan signifikan yang dipicu oleh pandemi. Pandemi telah mengubah pandangan ekonomi nasional dan memengaruhi arah bisnis secara keseluruhan. Perusahaan kini harus lebih adaptif terhadap perubahan ini. Inovasi teknologi memainkan peran penting dalam membantu produk dikenal secara berkelanjutan oleh seluruh generasi dalam perusahaan. Ini mendorong pergeseran besar-besaran menuju digitalisasi.

Salah satu aspek penting yang dibahas adalah perubahan mindset terhadap produk, termasuk upaya mengatasi stigma negatif terhadap produk tertentu seperti MSG/Micin. Hal ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan citra dan penerimaan produk di pasar.

Dalam hal inovasi teknologi, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Teknologi tidak boleh menghambat proses produksi atau bisnis. Sebaliknya, teknologi harus diimplementasikan dengan cara yang mendukung efisiensi dan efektivitas operasional. Implementasi teknologi baru sering kali memerlukan perubahan zona nyaman individu di dalam organisasi. Perusahaan harus memastikan bahwa para karyawan mau berkomitmen dan mendukung perubahan tersebut.

Talkshow berlangsung selama 90 menit dalam satu sesi besar, dengan dua pembicara utama. Moderator memberikan pengantar dan kesimpulan di antara paparan pembicara. Sebagai penutup acara, diadakan sesi Trial Class di R.409 dan R.410.

Talkshow “Future Economic and Technology Outlook” memberikan wawasan penting mengenai bagaimana proyeksi ekonomi, strategi keberlanjutan, dan inovasi teknologi dapat saling mendukung untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Perusahaan harus terus beradaptasi dengan perubahan ini untuk tetap relevan dan kompetitif di era digitalisasi dan perubahan cepat.