Sudah ada yang mempersiapkan diri atau malah belum belajar sama sekali, lagi masa UTS lho?  Siapa disini yang udah punya niat untuk belajar, tapi tidak tahu mau belajar dari mana atau bahkan bingung bagaimana cara belajar yang efektif. Nah, kalian harus tahu cara belajar kalian terlebih dahulu baru bisa belajar secara efektif.

Apa aja sih gaya belajar itu?

  1. Visual-See It.
    Buat kalian yang memiliki tipe gaya belajar ini, kalian harus membuat catatan yang semenarik mungkin. Kalian bisa buat dengan spidol warna-warni, kalian bisa tambahkan gambar, grafik, diagram, bahkan kalian juga bisa membuat mind map.
  2. Auditory – Hear It.
    Buat kalian dengan tipe gaya belajar ini, kalian akan lebih mudah untuk mengingat apa yang diinstruksikan secara verbal. Kalian bisa merekam apa yang diajarkan dosen di handphone kalian dan kalian juga bisa berdiskusi dengan teman sebaya.
  3. Kinesthetic – Do It.
    Buat kalian dengan tipe gaya belajar ini, kalian lebih mudah belajar melalui gerakan atau sentuhan. Kalian bisa melakukan kegiatan hands-on (berkaitan dengan aktivitas fisik). Misalnya kalian belajar sambil jalan-jalan atau membuat gerakan-gerakan tertentu yang kalian pahami. Bahkan kalian juga bisa menggunakan bahan pembelajaran fisik (alat eksperimen/peraga) jika memungkinkan.

Selain ketiga gaya belajar di atas ada beberapa gaya belajar juga yang bisa kalian praktekkan lho, seperti; reading/writing, logical, social, intrapersonal, dan naturalistic.

  1. Reading/Writing.                                                                                                                                                                                                                                                                   Pasti kalian sudah ga asing lagi dengar gaya belajar tersebut. Dari sebutannya yaitu reading/writing, gaya belajar ini kalian terapkan dengan membaca dan juga menulis. Kalian bisa memahami materi yang dipelajari dengan membaca buku atau catatan dan setelah itu kalian rangkum lalu kalian tulis kembali apa yang sudah kalian pahami.
  1. Logical
    Gaya belajar ini diterapkan dengan bagaimana kalian menggunakan logika dan juga penalaran dalam memahami suatu materi. Hal ini melibatkan problem solving, eksperimen, dan menganalisis struktur atau suatu pola.
  2. Social
    Nah, untuk gaya belajar ini dari namanya saja sudah tidak asing lagi. Sosial, yang berarti gaya belajar ini melibatkan interaksi antara orang lain. Kalian bisa terapkan dengan cara kerja kelompok, diskusi, roleplay, dan kegiatan lainnya yang bersifat interaktif.
  3. Intrapersonal
    Gaya belajar ini kalian terapkan dengan cara refleksi atau kerja secara mandiri. Kalian bisa memahami suatu materi dengan mengerjakan dan memahami secara mandiri.
  4. Naturalistic
    Gaya belajar ini kalian akan belajar melalui pengalaman langsung dengan alam. Kalian bisa melakukan kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan dalam memahami materi materi yang berhubungan dengan alam.

 

Nah, coba kalian ingat ingat PsyTroopers, kira-kira kalian lebih mudah mengerti mata kuliah dengan cara seperti apa ? Selamat menempuh ujian ya!

 

 

Referensi:

Bay Atlantic University. (2024, Maret 7). 8 Types of Learning Styles | The Definitive Guide