Pernah ga sih, kalau kita mau hangout rasa rasanya outfit yang kita pakai bikin kita ga mood atau ga happy? Yuk, getting to know dopamine dressing! 

Dalam dunia yang serba sosial media ini, makin banyak tren fashion yang bisa diikuti. Mulai dari warna pakaian, mode pakaian, motif pakaian, dan lainnya. Tren ini semakin booming dipengaruhi dari banyak budaya dan juga estetika. Semakin banyak tren fashion yang ada, semakin banyak juga inspirasi outfit yang bisa di mix and match sesuai dengan situasi dan kondisi. Ternyata, cara kita berpakaian dapat mempengaruhi kesehatan mental kita lho.

Salah satu tren nya adalah dopamine dressing. Mungkin banyak di antara kita belum familiar mengenai tren ini. Istilah ini sesuai dengan arti nya ‘dopamine’, merujuk pada neurotransmitter dalam otak yang berperan dalam perasaan senang, pleasure, dan motivasi. Sehingga, dalam konteks fashion, dopamine dressing merujuk pada cara berpakaian yang dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang melalui pilihan warna, motif, dan gaya tertentu yang membuat orang lebih percaya diri dan membuat mood lebih baik.

Kalau begitu, bagaimana berpakaian bisa mempengaruhi mood kita? 

 

Tren dopamine dressing ini, bermain di warna-warna psikologi. Warna memiliki pengaruh kuat terhadap emosi kita. Berikut arti warna-warna dari segi Psikologi;

  1. Red. Warna merah diasosiasikan dengan semangat, percaya diri, dan kegembiraan.
  2. Blue.  Warna biru diasosiasikan dengan rasa tenang.
  3. Yellow. Warna kuning memberikan kesan ceria dan bahagia.
  4. Green. Warna hijau merupakan warna yang melambangkan alam, dan ini memberi kesan simpatik dan optimis.
  5. Purple. Warna ungu memberikan kesan tenang dan kreatif.
  6. Pink. Warna merah jambu memberi kesan feminim dan memancarkan kasih sayang.
  7. Orange. Warna oranye memberi kesan gembira, warmth, dan antusias.
  8. Chocolate. Warna coklat memberikan kesan aman, nyaman, dan relax.
  9. Black. Warna hitam melambangkan kesedihan dan kekecewaan.
  10. White. Warna putih memberi kesan tenang, positif, simplicity, dan fresh. 

 

Setiap warna memiliki arti tersendiri, maka dari itu dengan pemilihan warna, motif, dan pola dapat mempengaruhi mood individu. Lalu apa saja tips untuk menerapkan dopamine dressing ini? ;

  • Pilihlah Warna-Warna Cerah. Pilihlah warna pakaian yang cerah, dengan warna cerah akan memberikan kesan positif dan siap menjalani aktivitas. Anda bisa juga tambahkan elemen elemen yang lucu dan unik untuk mendukung warna cerah tersebut agar lebih
  • Eksperimen dengan Pola. Pilihlah pola yang memberikan efek visual yang menyenangkan, pemilihan pola seperti; bunga-bunga, garis-garis, abstrak, geometris, dan lainnya dapat memberikan kesan yang unik.
  • Utamakan Kenyamanan. Pastikan pakaian yang dipilih nyaman untuk dipakai, walaupun Anda sudah memilih warna, mode, motif pakaian sesuai dengan Rasa nyaman juga mempengaruhi mood individu, sehingga tidak merusak perasaan positif dan joyfull.
  • Sesuaikan dengan Kepribadian: Pilihlah pakaian yang mencerminkan siapa diri Anda. Ini akan membantu Anda merasa lebih autentik dan nyaman dengan diri sendiri.

 

Dengan menerapkan dopamine dressing ini mempunyai banyak manfaat lho,

  1. Meningkatkan Suasana Hati. Dengan pemilihan warna yang cerah dapat memberikan energi positif dan membuat hari Anda lebih ceria.
  2. Meningkatkan Kepercayaan Diri. Pilihlah pakaian yang sesuai dengan selera Anda, dengan begitu kepercayaan diri Anda lebih meningkat.
  3. Ekspresi Diri: Fashion adalah salah satu bentuk ekspresi diri, dengan dopamine dressing, Anda dapat menunjukkan kepribadian dan perasaan Anda melalui pilihan pakaian yang penuh warna dan sesuai dengan selera.

Dopamine dressing adalah tren fashion yang tidak hanya berfokus pada penampilan, tetapi tren fashion ini juga memberi pengaruh pada mood kita. Dengan memilih pakaian yang dapat meningkatkan produksi dopamin, Anda merasa lebih bahagia dan percaya diri. Tren ini menunjukkan bahwa fashion bisa lebih dari sekadar gaya; ini bisa menjadi alat untuk meningkatkan kualitas hidup khususnya kesehatan mental. Dengan memahami dan menerapkan konsep dopamine dressing, kita bisa memanfaatkan kekuatan mode pakaian untuk membawa kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.