Dalam dunia bisnis, komunikasi kreatif sangat penting bagi perusahaan. Tidak hanya untuk keperluan marketing dan promosi, komunikasi kreatif juga diperlukan untuk membangun citra perusahaan dan menjaga hubungan baik dengan customer. Kabar baiknya, sekarang teknologi AI bisa membantu menghasilkan komunikasi kreatif yang lebih efektif.

Bagaimana cara menggunakannya? Mari kita bahas.

Komunikasi Kreatif

1. Analisis Data untuk Memahami Audiens

Pertama, kita bisa menggunakan AI untuk menganalisis data konsumen dengan cepat dan akurat. Kini tersedia tools berbasis AI yang bisa membantu perusahaan memahami preferensi, perilaku, dan kebutuhan audiens mereka. Sebut saja seperti Google Analytics atau Adobe Analytics.

Hasil analisis dari tools tersebut bisa menjadi dasar untuk merancang strategi komunikasi kreatif yang lebih jitu. Dengan mengetahui tren dan pola perilaku audiens, kamu bisa membuat campaign yang lebih tepat sasaran.

Tidak hanya itu, analisis data juga bisa membantu mengidentifikasi peluang dan tantangan yang mungkin dihadapi perusahaan. Contohnya, jika data menunjukkan adanya peningkatan minat terhadap suatu produk pada rentang waktu tertentu, kamu bisa mengoptimalkan marketing campaign sesuai dengan tren tersebut.

2. Analisis Sentimen Audiens

AI juga bisa kita gunakan untuk menganalisis sentimen konsumen terhadap brand atau produk secara real-time. Analisis sentimen bukan hanya tentang memahami apakah feedback konsumen bersifat positif, negatif, atau netral. Dengan AI, perusahaan bisa mengeksplorasi lebih jauh untuk memahami konteks di balik sentimen tersebut. 

Sebagai contoh, jika sebuah merek mendapat feedback negatif, analisis AI bisa membantu menentukan apakah kritik tersebut bersifat umum atau spesifik. Alhasil, perusahaan bisa mengambil tindakan yang tepat untuk membangun hubungan positif.

Adapun contoh tools yang bisa digunakan untuk menganalisis sentimen konsumen antara lain adalah IBM Watson Sentiment Analysis atau Google Cloud Natural Language API.

3. Membuat Konten Otomatis

Algoritma AI kini makin canggih saja. Tidak hanya analisis, AI juga bisa membuat konten otomatis berdasarkan input dan parameter yang kita tentukan. Sebut saja OpenAI GPT-3, Fotor, Canva, Copy.ai, dan sebagainya.

Dengan memanfaatkan tool ini, kamu bisa menghemat waktu untuk memproduksi konten kreatif. Bahkan, tools semacam ini juga akan meningkatkan efisiensi tim marketing untuk menghasilkan konten yang relevan dan menarik.

4. Mendesain Komunikasi Visual

Bicara soal komunikasi kreatif tidak hanya terbatas pada komunikasi lisan dan tertulis, tetapi juga komunikasi yang disampaikan dengan media visual. Nah, dalam hal ini, penggunaan AI dalam desain grafis memungkinkan pembuatan konten visual yang menarik. 

Sebut saja Canva, RunwayML, atau Artbreeder. Tools tersebut bisa kamu gunakan untuk menciptakan gambar, video, atau grafis yang memperkuat pesan dalam komunikasi kreatif.

Adanya tools AI semacam ini membuat pekerjaan desain visual menjadi lebih mudah dan cepat. Terlebih, tersedia fitur pengeditan sehingga kamu bisa memberikan sentuhan kreatif dan mengekspresikan ide dengan lebih bebas.

5. Chatbots dan Interaksi Real-Time

Cara berikutnya untuk menggunakan AI dalam komunikasi kreatif adalah pemanfaatan chatbots untuk memberikan respons instan. Selain memberikan jawaban instan atas pertanyaan konsumen, chatbots AI bisa digunakan untuk membimbing pengguna melalui langkah-langkah untuk menemukan solusi.

Bahkan, chatbot bisa bahkan mengarahkan konsumen ke produk atau layanan yang mereka butuhkan. Contoh tools yang punya kemampuan semacam ini adalah Dialogflow atau Microsoft Bot Framework.

6. Mengoptimalkan User Experience

AI juga bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan user experience, lho. Bicara soal user experience, kuncinya adalah personalisasi. Pasalnya, setiap individu punya perilaku, preferensi, dan kebutuhan berbeda.

Nah, tools AI bisa digunakan untuk mengoptimalkan user experience sesuai dengan preferensi dan perilaku pengguna. Misalnya, sebuah situs e-commerce bisa menggunakan AI untuk merekomendasikan produk berdasarkan riwayat pembelian atau penelusuran pengguna. 

Adapun contoh tools yang punya fungsi seperti ini adalah Dynamic Yield atau Optimizely. Dengan memanfaatkan tools ini, kamu bisa membuat personalized interaction dengan pelanggan.

Itulah sejumlah cara menggunakan teknologi AI untuk mengoptimalkan komunikasi kreatif. Dengan memanfaatkan tools yang ada, kamu bisa merancang komunikasi kreatif yang lebih tepat sasaran.

Tertarik untuk belajar lebih banyak tentang creative communication dengan memanfaatkan teknologi AI? Kamu bisa belajar lebih lanjut dengan kuliah di jurusan Creative Communication BINUS @Bekasi.

Di jurusan Creative Communication BINUS @Bekasi, kamu tidak hanya belajar strategi dan perencanaan komunikasi, tetapi juga mengasah keterampilan untuk menciptakan konten kreatif. Mulai dari teks, audio, visual, sampai audio visual, semuanya akan kamu pelajari dalam proyek-proyek seru.

Nantinya jurusan ini akan mempersiapkan kamu menjadi content creator, social media specialist, advertising specialist, public relations, brand communication specialist, maupun entrepreneur di bidang terkait. Yuk, daftar di jurusan Creative Communication BINUS @Bekasi!