Layanan pelanggan memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis. Bagian inilah yang menjadi antarmuka dan berhubungan langsung dengan pelanggan. Bagian layanan pelanggan mendapatkan tanggung jawab besar terkait dengan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Bagian ini menjadi garda terdepan yang bergerak untuk mempertahankan pelanggan.

Baik buruknya layanan pelanggan dapat berpengaruh terhadap reputasi perusahaan. Melalui bagian ini pula, komplain dan saran dari pelanggan dapat diteruskan langsung kepada orang yang tepat di perusahaan. Dengan demikian, perusahaan dapat mengevaluasi dan mengambil langkah-langkah strategis untuk mengambil hati pelanggan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan pelanggan. Penggunaan AI bukan hanya dapat mempercepat serta mengefisiensi layanan, tetapi juga bisa menjadi pembeda dari perusahaan kompetitor. Berikut inilah beberapa solusi AI yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Layanan Pelanggan

1. Chatbot dan Virtual Assistant

Chatbot merupakan robot yang bisa membantu perusahaan bercakap-cakap dengan pelanggan melalui kolom chat. Robot ini digunakan untuk merespons pertanyaan-pertanyaan umum. Penggunaan chatbot berguna memangkas tenaga serta waktu layanan untuk menangani kasus-kasus yang sering dihadapi pelanggan.

Ketika pertanyaan sudah lebih kompleks dan tidak bisa ditangani oleh chatbot, petugas yang sebenarnya atau asisten virtual dihadirkan untuk membantu pelanggan. Secara otomatis, sistem dapat menghubungi virtual assistant dan mengalihkan percakapan pelanggan kepadanya. Asisten virtual pun dapat memberikan panduan lebih lanjut atau menjelaskan informasi produk secara interaktif.

2. Analisis Kecenderungan Emosional

Ketika melakukan komplain atau menanyakan permasalahan kepada penyedia produk, pelanggan mengharapkan layanan yang dapat memahami dan menghargai mereka. Dengan demikian, umpan balik dapat diproses sebagaimana mestinya dan pelanggan pun berlalu dengan perasaan lega.

Untuk memahami perasaan serta keadaan pelanggan, terdapat solusi AI yang dapat menganalisis arah sentimen atau kecenderungan emosional pelanggan. Penerapan Natural Language Processing (NLP) dapat mengetahui positif/negatifnya sentimen dari umpan balik, ulasan, dan interaksi chat pelanggan. Pemahaman tersebut diharapkan dapat memberikan respons yang pas dan melegakan pelanggan.

3. Analisis Big Data

Analisis big data bermanfaat untuk mengidentifikasi tren dan pola perilaku pelanggan. Dengan demikian, perusahaan dapat terbantu dalam membuat keputusan yang lebih baik untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Kini, analisis big data tidak harus dilakukan secara manual.

Terdapat tools AI yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan permodelan dan pembelajaran yang diharapkan. Penggunaan AI untuk menganalisis data besar ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam, juga mengidentifikasi tren yang berlangsung sekaligus memprediksi tren yang akan datang. Selain itu, kemampuan AI untuk memproses dengan cepat dapat mewujudkan sebuah analisis yang real-time.

4. Personalisasi Berbasis AI

Selain menganalisis big data, AI juga dapat digunakan untuk menganalisis setiap personal pelanggan berdasarkan perilaku dan minatnya. Dengan demikian, sistem dapat melakukan personalisasi dalam menyajikan rekomendasi produk atau layanan. Artinya, pelanggan memperoleh penawaran yang lebih sesuai dengan preferensi dan riwayat pembeliannya.

5. Robotic Process Automation (RPA)

Selain chat, terdapat banyak proses di dalam industri yang memerlukan tindak lanjut dari pengelola bisnis. Sebagian proses tersebut merupakan proses yang berulang dan bersifat administratif. Misalnya follow up pembelian, pengiriman invoice, newsletter, dan sebagainya.

RPA merupakan solusi AI yang bermanfaat untuk otomatisasi tugas-tugas repetitif serta administratif tersebut. Langkah otomatisasi akan mempercepat waktu respons dan mengurangi kesalahan manusia.

Pada akhirnya, pelanggan menginginkan bentuk layanan yang mudah diakses, jelas, responsif, penuh empati, konsisten, bertanggung jawab, dan solutif. Personalisasi sesuai kebutuhan dan preferensi pelanggan pun bisa memberikan nilai tambah. Tentunya, pelanggan juga memerlukan jaminan keamanan serta privasi. 

BINUS UNIVERSITY menyadari bahwa sebagian tugas layanan pelanggan tersebut dapat bersinergi dengan teknologi AI. Sebagai perguruan tinggi Indonesia berkelas dunia yang termasuk dalam jajaran universitas top di Indonesia, BINUS berupaya menjembatani hubungan tersebut. 

BINUS kini juga hadir di Bekasi sebagai solusi pendidikan unggulan bagi masyarakat Bekasi dan sekitarnya. BINUS UNIVERSITY @Bekasi hadir dengan semangat sebagai Kampus Business, Service, dan Technology. Kampus ini pun berkomitmen untuk membekali mahasiswa, bukan hanya dengan belajar langsung di kampus, tetapi juga dengan terjun langsung di dunia industri.