Yuk, Kenalan dengan Edward Hartanto, Jawara Pilmapres BINUS UNIVERSITY 2023

Dalam perhelatan BINUS Appreciation Day 2023 silam, Edward Hartanto adalah salah satu BINUSIAN yang mendapatkan apresiasi berkat prestasi-prestasinya. Salah satu lomba yang berhasil ia juarai adalah lomba UX  Design tingkat nasional yang diadakan oleh Arkavidia. Pada perlombaan tersebut, Edward berhasil memenangkan juara pertama.

Tidak hanya itu, Edward juga berhasil menjadi juara kedua dalam Pilmapres Wilayah III Jakarta tahun 2023. Ia juga berhasil memenangkan juara di berbagai perlombaan lain yang bergengsi, khususnya di tingkat nasional. 

Seperti apa perjalanan Edward dalam event Pilmapres BINUS UNIVERSITY? Lalu, lomba-lomba apa lagi yang berhasil ia juarai? Yuk, cari tahu berbagai prestasi yang Edward dapatkan di penjelasan berikut!

Menjadi Mahasiswa Terbaik BINUS UNIVERSITY 2023

Pada ajang Pilmapres BINUS UNIVERSITY 2023 silam, sebanyak tujuh BINUSIAN dari setiap fakultas berkompetisi untuk memenangkan titel Mahasiswa Berprestasi BINUS UNIVERSITY. Dalam acara tersebut, tujuh kandidat yang mewakili fakultas masing-masing saling berkompetisi untuk mendapatkan titel tersebut.

Edward menjadi salah satu peserta dalam acara Pilmapres BINUS UNIVERSITY sebagai perwakilan dari Fakultas School of Information Systems. Sama seperti kandidat lainnya, Edward juga mempresentasikan karya tulisnya. Karya tulisnya yang berjudul “Tanjak” membahas tentang aplikasi serta produk yang dapat membantu orang dengan disabilitas untuk menaiki kereta secara mandiri, tanpa bantuan petugas.

Selain mempresentasikan karya tulisnya, para calon Mawapres BINUS UNIVERSITY juga ditantang untuk melakukan impromptu speech. Dalam sesi ini, BINUSIAN bisa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pidato yang mereka sampaikan. 

Setelah melalui beberapa tahapan lomba, Edward terpilih sebagai terbaik I Pilmapres BINUS UNIVERSITY tahun 2023. Menjadi jawara dalam ajang Pilmapres kampus otomatis membawa Edward ke ajang Pilmapres tingkat regional.

Terpilih Menjadi Terbaik ke-II Pilmapres Wilayah III Jakarta 2023

Setelah berhasil memenangkan Pilmapres tingkat kampus, Edward pun berkompetisi di Pilmapres tingkat regional, yaitu Pilmapres Wilayah III Jakarta. Perlombaan ini diadakan pada Selasa, 9 Mei 2023 silam di Universitas Prasetya Mulya, Cilandak.

Pada ajang tersebut, Edward Hartanto menjadi salah satu dari 20 finalis yang lolos tahap desk evaluation. Dari 20 finalis tersebut, 12 finalis berasal dari Perguruan Tinggi Akademik, sedangkan 8 orang sisanya berasal dari Perguruan Tinggi Vokasi. Edward menjadi salah satu finalis dari Perguruan Tinggi Akademik.

Setelah lolos tahap desk evaluation, seluruh finalis mengikuti tahapan lanjutan seleksi Pilmapres. Tahapan yang dimaksud, yaitu:

  • Tahap penilaian capaian unggulan
  • Gagasan kreatif
  • Kemampuan bahasa Inggris. 

Dalam ajang tersebut, 20 finalis ditantang untuk menunjukkan kemampuannya di hadapan para juri. Juri dalam ajang Pilmapres ini terdiri dari enam pakar di bidangnya yang berasal dari berbagai perguruan tinggi. 

Keenam juri yang dimaksud berasal dari universitas berbeda, yaitu Universitas Sampoerna (Prof. Teddy Mantoro), Universitas Kristen Indonesia (Dr.rer.pol.Ied Veda R. Sitepu), Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta (Dr. Tipri Rose Kartika, S.E., M.M.), Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Prof. Dr. Suswandari, M.Pd.), Unika Atma Jaya (Dora Angelina A., S.Pd., M.Hum.), dan Universitas BINA NUSANTARA/BINUS UNIVERSITY (Dr. Wahyu Hariadji).

Setelah melalui berbagai tahapan seleksi pada ajang Pilmapres tersebut, Edward terpilih sebagai terbaik ke-2 dari Top 5 Kategori Perguruan Tinggi Akademik. Karya tulis “Tanjak” yang disusunnya ketika mengikuti Pilmapres BINUS UNIVERSITY kembali ia bawakan dalam ajang Pilmapres wilayah III Jakarta ini. Gagasan yang Edward sampaikan sukses menjadikannya sebagai Top 5 di ajang Pilmapres tingkat regional itu.

Memenangkan Beragam Lomba

Titel ‘Mahasiswa Berprestasi’ yang Edward Hartanto miliki bukanlah tanpa alasan. Selain mengikuti lomba Pilmapres, Edward juga sering mengikuti berbagai lomba dan berhasil menorehkan prestasi. 

Sejak 2021 hingga 2023, Edward berhasil mencatatkan prestasi di berbagai perlombaan. Beberapa prestasi tersebut misalnya seperti Juara I Arkavidia – UX Design Competition, 1st Winner of Paragon Business Case Challenge, Gold Medalist Gemastik XV, dan 1st winner StudentxCEOs International Summit Business Case Competition. 

Dengan berbagai prestasi yang sudah ia raih, tidak heran jika BINUS UNIVERSITY memberikan apresiasi kepadanya dalam ajang BINUS Appreciation Day 2023 silam.