BINUS University @Bekasi, 13 Mei 2024 – Dalam rangkaian kegiatan Happiness You, Academic & Student Development mengadakan seminar bertajuk “Grateful Squad: Bertemu Syukur di Tengah Drama”. Seminar ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai pentingnya bersyukur dalam menghadapi berbagai permasalahan kehidupan. Dalam sesi ini, mahasiswa diajak belajar dari pengalaman narasumber yang telah melewati masa duka dan berproses menerima luka serta pulih.

Tema ini dipilih dengan tujuan menumbuhkan rasa empati pada peserta ketika menghadapi perasaan duka. Dengan memahami pentingnya bersyukur, diharapkan mahasiswa dapat menemukan kebahagiaan mereka sendiri meski berada dalam situasi sulit.

Andreas Kurniawan, Sp.KJ, psikiater lulusan Universitas Indonesia yang dikenal di media sosial sebagai “psikiater yang suka bercanda” (@dr.ndreamon di Instagram dan @ndreamon di X), menjadi pembicara utama. Pengalaman kehilangan ayah dan anaknya membuat dr. Andreas mendalami psikoterapi untuk kedukaan dan kehilangan. Ia juga penulis buku “Seorang Pria yang Melalui Duka dengan Mencuci Piring”. Buku ini menceritakan proses penyembuhan duka yang ia alami, menggambarkan mencuci piring sebagai metafora proses penyembuhan luka—proses yang tidak selalu menyenangkan, namun harus dijalani.

Dalam seminarnya, dr. Andreas berbagi bagaimana ia melewati proses duka ketika ditinggalkan anak tercintanya. Ia menekankan pentingnya menerima dan membiarkan duka itu sembuh dengan sendirinya, tanpa memaksakan waktu yang tepat kapan duka itu harus berakhir. Seperti dalam bukunya, ia menggambarkan mencuci piring sebagai simbol dari proses yang tidak disukai, namun tetap harus dilakukan. Begitu juga dengan proses penyembuhan luka, yang harus dilalui suka atau tidak suka.

Dengan diadakannya seminar ini, diharapkan mahasiswa dapat menemukan versi kebahagiaan mereka sendiri. Selain itu, seminar ini bertujuan agar mahasiswa semakin peduli terhadap pentingnya merawat dan menjaga kesehatan mental mereka. Lebih jauh, diharapkan mereka memiliki rasa empati yang tinggi ketika melihat teman atau orang lain yang mengalami gangguan kesehatan mental.

Seminar ini menjadi langkah penting dalam mengedukasi dan memberikan dukungan emosional kepada mahasiswa, membekali mereka dengan keterampilan untuk menghadapi duka dan menemukan kebahagiaan di tengah drama kehidupan.

Happiness You

Happiness You merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan di BINUS University @Bekasi di bawah naungan Academic & Student Development BINUS @Bekasi. Happiness You sudah diselenggarakan sejak tahun 2022.

Pada tahun 2024 ini, Happiness You mengangkat tema “ZenZone : Chill Vibes & Sustainable Minds”. Tema diangkat berdasarkan isu terkait dengan gangguan kesehatan mental yang dialami oleh Gen Z serta minimnya kesadaran remaja terkait dengan kesehatan mental.