Source : https://unsplash.com/photos/person-writing-on-brown-wooden-table-near-white-ceramic-mug-s9CC2SKySJM

Makna dan tujuan hidup penting tidak hanya bagi individu, tetapi juga bagi perusahaan. Banyak perusahaan besar seperti Google dan Chevron menampilkan misi mereka untuk menunjukkan pentingnya tujuan perusahaan. Namun, tujuan pribadi karyawan seringkali kurang dihargai.

Artikel ini membahas pentingnya keselarasan tujuan antara perusahaan dan karyawan, yang kami sebut sebagai “kesesuaian tujuan”. Ini bukan berarti memaksakan tujuan perusahaan kepada karyawan. Hal tersebut dapat menyebabkan homogenitas yang dipaksakan, yang dapat meningkatkan “berpikir kelompok” dan membatasi inovasi dan keragaman.

Sebaliknya, kesesuaian tujuan adalah tentang menciptakan lingkungan kerja di mana tujuan pribadi karyawan dan tujuan perusahaan dapat hidup berdampingan.

Mencapai Kesesuaian Tujuan

Untuk mencapai kesesuaian tujuan, karyawan harus diberi kesempatan untuk menjadikan tujuan perusahaan sebagai milik mereka. Karyawan harus memiliki suara dalam bagaimana mereka menjalin tujuan tersebut ke dalam tugas sehari-hari mereka dan mengintegrasikannya dengan tujuan pribadi mereka. Namun, mereka juga harus merasa didukung dalam mengejar tujuan pribadi mereka sendiri (H. Smith & Kouchaki, 2023).

Dengan demikian, kesesuaian tujuan membutuhkan peningkatan fokus pada keselarasan (antara tujuan perusahaan dan pribadi) dan keragaman (memberdayakan karyawan individu untuk mengejar tujuan mereka sendiri). Sejauh tujuan karyawan individu selaras dengan tujuan perusahaan, kebutuhan kedua belah pihak dapat dipenuhi.

Oleh karena itu, kami menyarankan agar selain mengartikulasikan dengan jelas tujuan perusahaan yang bermakna, organisasi dapat membantu karyawan untuk mempersonalisasi tujuan tersebut ke dalam aktivitas sehari-hari mereka. Organisasi dapat lebih bijaksana dan bertujuan untuk memfasilitasi pengejaran tujuan karyawan individu di tempat kerja, serta mengembangkan rasa kesesuaian tujuan yang lebih kuat .

Empat Rekomendasi untuk Pendekatan yang Lebih Personal ke dalam Tujuan dalam Perusahaan (Joly, 2023)

  1. Memungkinkan Penemuan Tujuan

Selama proses perekrutan, seleksi, dan terutama saat orientasi, beri sinyal jelas kepada karyawan baru Anda bahwa Anda berkomitmen untuk mendukung tujuan pribadi mereka saat bergabung dengan organisasi Anda. Selain pernyataan eksplisit yang mengatakan demikian, beri mereka cukup waktu dan otonomi untuk merenungkan tujuan pribadi mereka, dan bagaimana hal itu dapat terhubung dengan tujuan perusahaan.

  1. Dorong Berbagi Tujuan

Saat karyawan individu mengidentifikasi dan menyempurnakan tujuan pribadi mereka, dorong mereka untuk berbagi tujuan tersebut dengan rekan kerja, pemimpin, dan bawahan. Melakukan hal itu dapat membantu karyawan dengan tujuan dan motivasi serupa untuk terhubung, sehingga meningkatkan kolaborasi. Membuat preferensi yang didorong oleh tujuan diketahui juga dapat mengarah pada peluang dan penugasan kerja yang lebih sesuai.

  1. Memfasilitasi Integrasi Tujuan

Agar hubungan kerja dapat bertahan, baik pemberi kerja maupun karyawan harus mendapatkan manfaat timbal balik. Karyawan perlu membantu perusahaan mereka memenuhi tujuannya, dan perusahaan juga dapat membantu karyawan memenuhi tujuan unik mereka. Keajaiban terjadi ketika karyawan mampu mengintegrasikan tujuan perusahaan ke dalam tujuan mereka sendiri.

  1. Tetapkan Pengingat Tujuan

Pada akhirnya, tujuan menjadi penting ketika menjadi prioritas utama dan direnungkan. Temukan cara untuk mengingatkan karyawan tentang tujuan mereka dan tujuan perusahaan Anda, dan beri mereka ruang dan waktu untuk merenung. Pengingat tersebut dapat secara formal dimasukkan ke dalam tinjauan kinerja, penetapan tujuan, rapat tim, diskusi mentoring, dan tinjauan pasca-acara.

Kesimpulan

Artikel ini membahas pentingnya tujuan dalam kehidupan individu dan organisasi. Menjembatani kesenjangan antara tujuan perusahaan dan karyawan adalah penting untuk memastikan bahwa karyawan merasa termotivasi dan terpenuhi dalam pekerjaan mereka. Dengan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kesesuaian tujuan, organisasi dapat menuai manfaat dari karyawan yang terlibat dan berdedikasi.

 

 

Referensi

Smith, I., & Kouchaki, M. (2023, November 2). Narrow the Gap Between Company and Employee Purpose. Harvard Business Review.

Joly, H. (2023, October 26). How to Connect Employees to Your Company’s Purpose. Harvard Business Review.