Usaha kecil dan menengah (UKM) sangat penting bagi pembangunan berkelanjutan di sektor pangan. Alat-alat umum untuk mengelola dan meningkatkan keberlanjutan bisnis belum diterapkan secara luas di kalangan UKM makanan (Küchler et al., 2023). GRI (Global Reporting Initiative) hadir sebagai organisasi internasional independen yang membantu perusahaan dalam mengambil tanggung jawab atas dampak yang perusahaan timbulkan saat menjalankan kegiatan usaha. GRI (Global Reporting Initiative) hadir agar perusahaan dapat mengkomunikasikan dampak yang ditimbulkan (Global Reporting Initiative, 2023) Selain itu menurut penelitian yang dilakukan oleh (KPMG, 2022) Standar pelaporan GRI tetap menjadi standar pelaporan keberlanjutan yang paling banyak digunakan secara global.

Dengan semakin meningkatknya kesadaran akan pentingnya report mengenai dampak dari kegiatan usaha sebuah perusahaan, kami dari program study Business Management ingin memberikan penyluhan baik kepada mahasiswa/mahasiswi kami dan kepada masyarakat luas mengenai pentingnya aspek sustainability. Implementasi dari penyluhan yang sudah dilakukan adalah dengan memberikan Latihan kepada mahasiswa/mahasiswi dari program study Business Management untuk membuat GRI report dari UMKM yang ada didalam binaan Kampus BINUS @Bekasi.

Alasan pemilihan UMKM sebagai target pembuatan GRI report karena menurut penelitian yang dilakukan oleh (Deloitte, 2023) tentang Fokus Perusahaan di Asia Tenggara untuk Mendukung UMKM menuju Keberlanjutan menyatakan bahwa Usaha kecil dan menengah (UKM) dapat meningkatkan sebagian besar perekonomian Asia Tenggara dan menyumbang hampir setengah PDB wilayah tersebut. Bersama, mereka memainkan peran penting dalam penciptaan lapangan kerja, inovasi dan pertumbuhan ekonomi.

Kegiatan GRI reporting ini dilakukan oleh mahsiswa/masiswi program study Business Management dalam rentang waktu januari – February yang dimulai dari penyuluhan UMKM yang diadakan pada tanggal 12 januari 2024.

Output dari kegiatan kunjungan UMKM adalah pembuatan GRI Report untuk meningkatkan kesadaran UMKM tentang pentingnya aspek Sustainability dan pembuatan video profile dari masing – masing UMKM untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang keberadaaan UMKM. Berikut adalah list UMKM binaan BINUS @Bekasi yang sudah dibuatkan GRI Report dan Video Profile.