BINUS University @Bekasi, 18 Maret 2024 – Kampus Bekasi menjadi Tuan Rumah Acara Workshop E-filing Orang Pribadi yang diselenggarakan oleh Program Accounting Technology. Agenda ini menjadi sorotan utama bagi para karyawan Binus Bekasi dan masyarakat sekitar, yang ingin memperdalam pemahaman mereka tentang pelaporan SPT E-Fin.

Tutorial dilakukan oleh Tiga dosen bidang Akuntansi, yaitu Mahda Karina, Ismi Fatihah, dan Linda Kusumaning Wedari, yang mendampingi dan menjelaskan tentang pengisian pajak tahunan. Mereka dibantu oleh lima mahasiswa dari Program Accounting Technology, yang siap membimbing peserta acara untuk memahami proses pengisian dengan lebih baik. Program ini telah diadakan beberapa kali oleh Program Taxation di BINUSKampus Kemanggisan. Namun, tahun ini, Program Accounting Technology menginisiasi Tax Clinic ini untuk diadakan di BINUS University @Bekasi, dengan tujuan membantu karyawannya dan masyarakat sekitar dalam pelaporan SPT E-Fin.

Acara ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada karyawan Binus Bekasi dan masyarakat sekitar dalam pelaporan SPT E-Fin. Melalui workshop ini, diharapkan peserta dapat lebih memahami proses pelaporan pajak secara elektronik, sehingga dapat mengurangi kesalahan dalam pengisian dan meningkatkan keterampilan mereka dalam hal ini. Salah satu kendala yang sering dihadapi adalah karyawan yang lupa cara melaporkan pajak dengan E-fin karena proses ini hanya dilakukan sekali dalam setahun. Selain itu, aturan pajak yang selalu berubah menjadi penyebab kebingungan dan kepanikan bagi Wajib Pajak (WP) akan penerapan dan dampak aturan pajak baru pada pemotongan dan pelaporan pajak.

Subject Content Coordinator, Accounting Technology Program, Linda Kusumaning Wedari, menyampaikan harapannya bahwa acara ini dapat dilakukan secara rutin setiap tahun. Dengan demikian, makin banyak masyarakat sekitar yang dapat terbantu dalam pelaporan pajak mereka. Acara ini telah menjadi momentum penting bagi mereka yang ingin memperdalam pemahaman tentang pelaporan pajak elektronik. Dengan dukungan dari para ahli dan mahasiswa, peserta diharapkan akan mampu menghadapi tantangan pajak dengan lebih percaya diri di masa depan.