BINUS University @Bekasi, 6 Maret 2024 – Sebagai wujud apresiasi terhadap peran perempuan dalam masyarakat, BINUS Business Center menyelenggarakan acara Hari Perempuan Sedunia bertajuk “Perempuan Masa Kini: Cita-cita, Cipta dan Cinta.” Melalui tema ini, BINUS ingin memberikan dukungan dan inspirasi kepada para perempuan muda agar terus memupuk cita-cita, berkarya, dan memimpin dengan hati.

Peringatan Hari Perempuan Sedunia pada bulan Maret 2024 ini diadakan oleh BEEHIVE BINUS, yang merupakan Official Merchandise Store BINUS, menampilkan tema besar “Perempuan Masa Kini: Cita-cita, Cipta dan Cinta.” Acara ini tak hanya merayakan keberhasilan perempuan masa kini, tetapi juga membahas bagaimana perempuan kini semakin berani untuk memiliki cita-cita, berambisi memperjuangkan kehidupan yang lebih baik, dan menciptakan solusi untuk diri mereka, lingkungan, dan orang lain.

Dukungan dari Pemerintah dan Riset Terkini, dimana Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dalam acara G20 tahun 2022, menggarisbawahi pentingnya inklusi bisnis untuk meningkatkan wirausaha perempuan. Riset dari Lembaga McKinsey tahun 2018-2021 juga menunjukkan bahwa kepemimpinan perempuan dapat menciptakan organisasi yang lebih sehat dan inklusif. Dengan kontribusi perempuan pada UMKM di Indonesia, yang mencapai 34 persen usaha menengah, 50,6 persen usaha kecil, dan 52,9 persen usaha mikro dijalankan oleh perempuan, kehadiran mereka dalam pengambilan keputusan semakin menjadi pertimbangan penting.

Acara ini diharapkan dapat menjadi katalisator untuk membuka peluang lebih besar bagi perempuan muda. Dalam perkembangan zaman yang semakin pesat, dan dengan pertumbuhan jumlah penduduk perempuan yang semakin dominan, BINUS ingin merangsang potensi perempuan sebagai pemimpin dan penggerak roda perekonomian nasional.

Puncak acara hari ini menghadirkan talkshow yang menginspirasi, melibatkan tiga pembicara hebat, dr. Indah Permata, Seorang dokter dengan pengalaman mengabdi di Pegunungan Tengah Papua, berbagi kisah tentang semangat membantu pasien dengan tulus dan ikhlas. Shane Tiara, Seorang visual artist yang berhasil mengatasi rintangan dan kini bekerja sama dengan Pixar Animation Studio, mengajak para peserta untuk mengejar impian mereka. Nikita Wiradiputri, CEO dan Co-Founder dari Dear Me Beauty, memberikan inspirasi tentang bagaimana perempuan bisa meraih kesuksesan dengan kepercayaan pada diri sendiri dan semangat untuk terus belajar.

Dalam semangat untuk membuktikan bahwa perempuan juga memiliki jargon eksklusifnya, BINUS Business Center mengajukan alternatif dari jargon tradisional “Harta, Tahta, Wanita.” Mereka mengusung jargon “Cita-cita, Cipta dan Cinta,” menekankan bahwa perempuan mampu meraih impian, menciptakan karya yang berguna, dan mencintai hasil karyanya seperti seorang ibu merawat buah hatinya. Setelah acara ini, BINUS berharap bahwa perempuan muda akan menemukan kembali kepercayaan diri mereka sebagai “Wonder Women” yang mampu meraih impian melalui pembelajaran dan keyakinan pada diri sendiri. Acara ini diharapkan menjadi pendorong semangat bagi perempuan masa kini untuk terus berkarya dan memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan masyarakat.

Dengan kehadiran para pembicara inspiratif dan dukungan dari berbagai pihak, BINUS Business Center membangun momentum untuk memotivasi perempuan muda agar terus memupuk cita-cita, menciptakan solusi, dan memimpin dengan hati. Tema besar “Perempuan Masa Kini: Cita-cita, Cipta dan Cinta” menjadi cerminan semangat dan keberanian perempuan dalam menghadapi tantangan masa depan.