Bekasi – 27 Maret 2024. Dalam rangka turut merayakan ulang tahun Kota Bekasi yang ke-27, Academic and Student development BINUS University @Bekasi menyelenggarakan BEKEN Eksplorer: Menelusuri Jejak Sejarah Kota Bekasi. Acara ini diinisiasi oleh Campus Program Section Head, Baharini Kurnia Putri yang peduli akan warisan budaya dan sejarah, dengan tujuan mengajak generasi muda untuk lebih memahami asal-usul, perkembangan, serta peran penting Kota Bekasi dalam konteks sejarah Indonesia.

Mengusung semangat growth mindset, BEKEN Eksplorer tidak hanya menyuguhkan acara berupa talkshow, namun juga mengajak para peserta untuk berkeliling museum sambil menikmati ngabuburit bersama. Lebih dari 10 mahasiswa BINUS turut ambil bagian dalam acara ini, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman yang mendalam serta menggugah kesadaran akan pentingnya melestarikan warisan budaya dan sejarah. Acara yang berlangsung dari pukul 15.00 hingga 17.00 WIB ini menjanjikan pengalaman yang menarik dan edukatif. Melalui sesi talkshow, para peserta diajak untuk mendalami jejak sejarah Kota Bekasi, mulai dari masa-masa awal hingga peran pentingnya dalam perjalanan sejarah Indonesia. Pembicara yang ahli di bidangnya akan memberikan wawasan yang mendalam serta inspiratif, yang diharapkan dapat menanamkan semangat cinta akan warisan budaya dan sejarah.

Namun, BEKEN Eksplorer tidak hanya sekadar menyuguhkan informasi, namun juga menghadirkan pengalaman langsung dengan mengajak peserta berkeliling museum. Di sini, para peserta dapat menyaksikan dan merasakan secara langsung artefak sejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan panjang Kota Bekasi. Melalui pengalaman ini, diharapkan peserta dapat lebih mengapresiasi dan menghargai nilai-nilai historis yang telah memberikan kontribusi besar terhadap keberagaman dan kemajuan Kota Bekasi. Selain mendalami sejarah, BEKEN Eksplorer juga berusaha untuk memupuk sikap peduli akan warisan budaya dan sejarah.

BEKEN Eksplorer: Menelusuri Jejak Sejarah Kota Bekasi bukan hanya sekadar sebuah acara, namun juga sebuah perjalanan mendalam menuju pemahaman yang lebih baik akan warisan budaya dan sejarah kota. Melalui kegiatan yang inspiratif dan edukatif ini, diharapkan para peserta dapat menjadi agen perubahan yang peduli akan warisan budaya dan sejarah, serta mampu menginspirasi generasi mendatang untuk turut serta dalam upaya pelestarian dan pengembangan warisan budaya yang ada dan diharapkan terjalin hubungan yang lebih erat antar sesama mahasiswa, yang pada akhirnya dapat menjadi kolaborasi positif dalam menjaga dan mengembangkan warisan budaya serta sejarah.