Program Creative Communication adalah salah satu program yang ada di kampus BINUS@Bekasi. Program ini adalah bagian dari Jurusan Ilmu Komunikasi. Mahasiswa yang kuliah di program ini akan menjadi Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom).

Penasaran apa saja yang akan dipelajari jika kuliah di Program Creative Communication? Yuk, kita cari tahu lebih lanjut.

Program ini menawarkan kompetensi utama yaitu ketika lulus, mahasiswa akan mampu merencanakan hingga membuat berbagai konten campaign untuk brand dan perusahaan. Bentuk kontennya pun beragam, mulai dari teks, gambar, audio dan video. Untuk itu, mahasiswa harus memahami terlebih dahulu karakteristik target audience campaign sebuah brand dan perusahaan, mulai dari pola dan gaya komunikasi, kebiasaan dalam mengakses informasi, hingga konten seperti apa yang mereka sukai.

Selain memahami karakteristik target audience, mahasiswa juga akan belajar tentang bagaimana sebuah brand dan perusahaan menyusun tujuan, rencana hingga taktik yang pas untuk menjangkau target mereka. Misalnya, apakah akan memanfaatkan media digital, seperti media sosial dan website, atau melalui event.

Untuk itu, mata kuliah yang akan dipelajari juga sangat lengkap dan tentunya sesuai dengan kebutuhan industri. Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari, seperti:

  1. Contemporary Content Production

Mata kuliah ini akan membantu mahasiswa memahami berbagai platform digital yang ada, mulai dari karakteristik, keunikan dan bagaimana membuat konten untuk masing-masing platform tersebut.

  1. Strategic Communication for Branding

Pemahaman tentang bagaimana memahami brand dan strateginya akan dipelajari di mata kuliah ini. Mahasiswa akan belajar tentang bagaimana menyusun perencanaan untuk meluncurkan brand baru, membuat materi campaign tentang brand, dan mengevaluasi keberhasilan berbagai taktik komunikasi yang sudah dilakukan brand.

  1. Creative Event Planning

Mengingat aktivitas yang dilakukan oleh brand dan perusahaan tidak hanya mengandalkan platform digital namun juga melalui berbagai event offline, maka mahasiswa juga akan mempelajari tentang bagaimana membuat perencanaan, melaksanakan/membuat event, hingga mengevaluasi keberhasilan sebuah event.

  1. Native Advertising

Nah, buat teman-teman yang tertarik dengan iklan, khususnya iklan yang biasa kita lihat di media digital, teman-teman akan mempelajari tentang bagaimana membuat copywrite atau tulisan kreatif untuk mempersuasi target audience sebuah brand. Mahasiswa juga akan diperkuat pengetahuannya tentang digital marketing atau aktivitas pemasaran menggunakan media digital.

  1. Social Media Management

Belum lengkap rasanya kalau belum mempelajari tentang bagaimana membuat perencanaan konten, seperti menentukan tema dan konsep konten media sosial, menentukan kapan konten harus diunggah (upload) ke media sosial brand dan perusahaan, hingga mengevaluasi apakah tujuan komunikasi melalui konten tersebut sudah tercapai.

Tentunya mata kuliah yang akan dipelajari di Program Creative Communication BINUS@Bekasi masih banyak lagi. Pastinya, seluruh mata kuliah yang ditawarkan akan membangun kompetensi mahasiswa untuk siap magang dan bekerja menjadi praktisi komunikasi yang beken, “bener-bener keren” seperti tagline kampus BINUS Bekasi. Sampai bertemu di Program Creative Communication ya!