Kamis, 22 Februari 2024, Mahasiswa BINUS University @Bekasi melakukan kunjungan industri ke PT Jasa Armada Indonesia Tbk. Dalam kunjungan kali ini, peserta berjumlah 48 mahasiswa, yang  dibuka oleh Corporate Secretary PTJasa Armada Indonesia Tbk, Eddy Haristiani. Kunjungan industri ini adalah untuk meningkatkan BINUS Graduate Attributes, khususnya dalam Applied Management Skill dan Adaptability atau Meningkatkan Kemampuan Manajemen Terapan dan Adaptabilitas.

PT Jasa Armada Indonesia Tbk (Kode Saham IDX : IPCM), merupakan bagian dari Pelindo Group yang menyediakan layanan pemanduan dan penundaan kapal. Eddy Haristiani memberikan wawasan tentang proses penyandaran dan lepas sandar (berthing & unberthing) kapal dengan berbagai jenis muatan yang masuk ke pelabuhan  hingga proses bongkar muat barang. Kegiatan ini juga dirancang agar mahasiswa memahami dunia kepelabuhanan dan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Kemudian kegiatan acara dipandu General Manager Area I PT Jasa Armada Indonesia Tbk dalam sesi berbagi pengetahuan dan tanya jawab langsung, memberikan wawasan mendalam tentang industri kepelabuhanan. Tidak hanya itu, mahasiswa juga berkesempatan untuk naik ke atas kapal tunda terbaru milik PT Jasa Armada Indonesia Tbk, KT IPCM ABIMANYU V. Mereka dapat berkeliling pelabuhan sambil melihat secara langsung proses pelayanan pemanduan, penundaan, serta bongkar muat container dari dan ke kapal.

 

Kunjungan mahasiswa BINUS University @Bekasi ke PT Jasa Armada Indonesia Tbk Area I Tanjung Priok menghadirkan lebih dari sekadar perjalanan lapangan, namun juga dalam upaya untuk melibatkan mahasiswa dalam dunia kemaritiman, para penyelenggara tidak hanya berharap agar peserta memahami proses logistik, manajemen logistik dalam konteks maritim, dan standar keamanan maritim, tetapi juga berusaha membuka pintu peluang karir melalui terbentuknya jaringan dengan PT Jasa Armada Indonesia Tbk.

Dengan kunjungan ini, BINUS University @Bekasi melalui Academic & Student Development, yang diinisiasi oleh Campus Program Section Head, Baharini Kurnia Putri, memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa, membuka wawasan mereka tentang pentingnya sektor maritim dalam perekonomian Indonesia, sekaligus meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia profesional, dan pengalaman unik naik ke atas kapal Tunda Terbaru, KT IPCM ABIMANYU V, sehingga mahasiswa mendapatkan peluang yang tak terlupakan untuk menyelami aspek penting dari industri maritim, membentuk pemahaman yang lebih luas dan mendalam, serta merintis potensi karir yang cerah dalam dunia logistik dan maritim.