Sumber: latimes.com

Dengan seiringnya perubahan era dan gaya hidup bagi Gen-Z dalam hal mencari pekerjaan, mayoritas pelamar dengan rentang usia 19-26 tahun kini lebih mempertimbangkan untuk mencari peluang pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Di setiap bidangnya, seseorang akan mendapatkan sebuah poin tambah apabila ia dapat menggeluti profesi tersebut dengan menyenangkan, guna meminimalisir rasa jenuh ketika tengah bekerja.

Bagi seseorang dengan kegemaran di bidang pekerjaan yang mengandalkan kreativitas, pernah dengar perihal profesi Food Stylist? Profesi Food Stylist merupakan seorang ahli dalam menciptakan tampilan visual yang menarik dan menggugah selera pada makanan.. Profesi ini tentunya mengandalkan seseorang yang memiliki kemampuan dan kreatif dalam mengatur makanan agar menarik untuk dijadikan bahan potretan atau media video. Profesi Food Stylist masih berhubungan dengan berbagai profesi, seperti marketing, fotografi, dan desain grafis dimana hasil akhirnya akan digunakan guna memasarkan produk dari berbagai sudut, visual, dan bentuk yang diinginkan.

Sumber: blog.daisie.com

Secara rinci, seorang Food Stylist diharapkan mampu untuk mempertimbangkan beberapa faktor dalam hidangan tersebut, seperti warna, tekstur, dan komposisi visual untuk menciptakan tampilan makanan yang menarik. Selain itu, mereka bertanggung jawab untuk menyesuaikan pencahayaan agar tampilan makanan terlihat lebih menarik di kamera dengan mempertimbangkan bayangan, refleksi, dan pencahayaan. Tidak hanya focus kepada sajian utama, Food Stylist juga akan mempertimbangkan penggunaan bahan dekoratif untuk meningkatkan tampilan makanan, seperti menata dekorasi bunga, daun, atau buah-buahan.

Sumber: leverageedu.com

Seorang Food Stylist tidak hanya dapat bekerja di bawah sebuah perusahaan tetap, seperti restoran atau hotel, melainkan dapat bekerja secara independent dengan bekerja sama dengan perorangan saja, seperti seorang fotografer. Dalam prosesnya, Food Stylist diharapkan mampu untuk memastikan visi dan misi dari kliennya agar hasil yang diinginkan dapat tercipta sesuai dengan tujuan utama saat produksi. Saat ini, Food Stylist termasuk profesi yang marak dibutuhkan oleh sebuah perusahaan bagian marketing yang bergerak di bidang kuliner.

Melansir dari unggahan laman Huff Post.com pada 14 Januari 2024, Food Stylist lah yang akan mengupayakan membuat makanan terlihat semenarik mungkin di mata oleh calon customer. Mulai dari bentuk, tekstur, penataan, ketajaman objek, efek, dan lain-lain. Profesi Food Stylist juga dapat dikembangkan melalui program perkuliahan Business Hotel Management yang dalam penyajian suatu hidangan pasti diperlukan untuk tampil semenarik mungkin untuk membangkitkan selera konsumen.