Binus University sebagai perguruan tinggi Indonesia berkelas dunia sudah banyak dikenal kiprahnya oleh masyarakat di negeri ini. Salah satu keunikan dari Binus adalah keberadaan kampusnya di berbagai lokasi di Indonesia. Mulai dari kampus awal berdiri di Kemanggisan, kampus utama di Alam Sutera, kampus Binus Internasional di Senayan, sampai kemudian diperluas di Bekasi, Malang, Bandung dan Semarang. Bahkan dalam waktu dekat, Binus berencana untuk membuka kampus pertamanya di luar Pulau Jawa, yaitu di kota Medan.

Dari pilihan kampus yang beragam tersebut, tentu calon mahasiswa memiliki kebebasan dan preferensi tertentu untuk mengambil keputusan melanjutkan studinya di perguruan tinggi. Jika masih bingung menentukan pilihan, berikut empat alasan utama memilih studi di Binus University, khususnya Binus @Bekasi.

  1. Lokasi Kampus Super Strategis

Kampus Binus @Bekasi terletak di kawasan Summarecon Bekasi, Kota Bekasi. Dikelilingi berbagai fasilitas umum yang lengkap dan modern, seperti lingkungan perumahan, apartemen, Mall, tempat makan dan jajan serta hiburan. Dengan lokasi yang super strategis ini, mahasiswa yang ingin tinggal di dekat sekitaran kampus, bisa memilih opsi menyewa apartemen (sekitar 5 menit dari kampus) atau menyewa kost/rumah di perumahan sekitaran kampus. Dengan demikian orang tua tidak perlu khawatir untuk melepas anaknya kuliah di sini. Lingkungan kampus juga sangat aman dan nyaman dengan pengawasan security kawasan Summarecon 24 jam.

Tidak hanya lokasinya yang strategis, kampus Binus @Bekasi juga sangat mudah diakses jalur transportasi pribadi maupun publik. Akses jalur pribadi bisa didapatkan via pintu keluar tol Bekasi Barat. Dari jalur ini, Anda tinggal melewati kawasan pusat kota Bekasi, flyover KH Noer Ali untuk kemudian masuk ke kawasan Summarecon. Tidak sampai 10 menit!

Akses transportasi publik juga sangat mudah dan beragam. Mulai dari akses KRL via Stasiun Bekasi (5 menit menuju kampus), akses LRT via Stasiun Bekasi Barat (10 menit menuju kampus) dan akses Trans Jakarta dengan Jalur, Summarecon Bekasi-Tugu Pancoran (pp) dan Summarecon Bekasi-Tanjung Priok (pp).

  1. Menawarkan Program Unik dan Unggulan

Jika kampusnya mudah diakses dari berbagai titik, tentu para orang tua dan calon mahasiswa sudah bisa berpikir lebih lanjut tentang program akademik yang dipilih. Di Binus Bekasi, ada tiga kelompok Program yang bisa diambil: Kelompok Business (Program Business Management, Management dan Accounting Technology), Kelompok Services (Program Psychology, Business Hotel Management dan Creative Communication) serta Technology (Business Information Technology dan Computer Science – Software Engineering). Semua program tersebut berakreditasi Unggul atau A dan mayoritas sudah memiliki akreditasi internasional. Dengan demikian bisa dipastikan program yang ditawarkan memang program unggulan dan andalan di Binus University.

Selain unggulan, ada banyak keunikan yang ingin ditonjolkan oleh program di Binus Bekasi ini. Kita tinjau dari Kelompok Business terlebih dahulu. Program Business Management sangat unik dan hanya ada di Binus Bekasi, dengan fokus di Service Industry dan Supply Chain Management. Program Akuntansi-nya juga unik dan khusus, karena fokus ke bidang teknologi seperti Enterprise Resource Planning (ERP) dengan pemanfaatan SAP Hana, Data Analytics dan Cyber Security.

Di Kelompok Services, program Creative Communication, adalah satu-satunya program di Indonesia yang menggabungkan kreativitas penyusunan konten marketing communication dan brand communication. Sementara Program Psikologi mengedepankan perpaduan antara penguasaan psikologi dengan pendekatan humanis dan teknologi. Program Business Hotel Management, fokus mengasah keterampilan entrepreneurship di bidang hotel, kuliner dan restoran.

Terakhir, di kelompok Technology, Program Business Information Technology adalah program unik di bawah School of Information System yang fokus mengedepankan solusi bisnis dan pemahaman terhadap Artificial Intelligence. Sementara program Software Engineering, adalah program unik di bawah School of Computer Science yang fokus menghasilkan programmer untuk level enterprise.

  1. Gedung dan Fasilitas Kampusnya yang Super Keren

Binus @Bekasi hadir sejak tahun 2016. Pembangunan gedungnya sendiri resmi digunakan pada bulan Oktober tahun 2018, sehingga memang dari sisi usia, gedung kampusnya relatif baru. Bukan itu saja, secara desain, kampusnya unik dengan menggunakan konsep open space. Tak heran jika banyak pohon rindang, angin sejuk dan cahaya mentari yang bisa dinikmati sembari mahasiswa beraktivitas di kampus. Selain gedungnya yang unik, fasilitas kampusnya juga sangat lengkap. Mulai dari ruangan perpustakaannya yang nyaman, ruang layanan mahasiswa, ruang organisasi kemahasiswaan, lab. Komputer, lab. Fasilitas Hotel Management, lab. Psikologi, sampai lab hasil kerjasama dengan industri seperti Lab. Smart Factory, dan KT&G Sangsang Univ. untuk kegiatan budaya dan Bahasa Korea. Super lengkap dan semuanya untuk menunjang kesuksesan studi para mahasiswa di Binus @Bekasi.

  1. Prestasinya yang Cemerlang

Tentu semua akses transportasi, gedung dan fasilitas tersebut akan terasa kurang lengkap tanpa prestasi dari civitas akademika yang ada di Binus @Bekasi. Prestasi mahasiswa yang paling menonjol adalah terpilihnya salah satu mahasiswa Binus Bekasi, yaitu Edward Hartanto Enrico Abadi (Binusian 2024) yang menjadi mahasiswa Berprestasi Binus University dan berhak mewakili Binus University sampai level nasional. Edward memenangkan banyak perlombaan dan penghargaan baik level nasional maupun internasional. Tidak hanya capaian individu, secara kampus, capaian employability and entrepreneurship di Binus @Bekasi juga mencapai hasil yang sangat baik, yaitu di 79% lulusan sudah bekerja atau berwirausaha saat wisuda. Ini sebuah capaian yang luar biasa sekaligus menunjukkan kerja keras dari semua pihak. Selain mahasiswa, para dosen di Binus Bekasi juga mayoritas sudah bergelar Doktor (S3), dan memiliki dua orang Guru Besar (Professor), yaitu Prof. Toto Rusmanto (Guru Besar di Bidang Akuntansi) dan Prof. Sevenpri Candra (Guru Besar di Bidang Manajemen).

Dengan empat alasan utama di atas, Binus @Bekasi memang diyakini sebagai tempat ideal untuk calon mahasiswa menempa ilmu dan kompetensinya. Jadi segera bergabung dengan Binus @Bekasi untuk menjadi generasi Binusian sukses berikutnya.

=oo=

Oleh:

Gatot Soepriyanto Ph.D
Direktur Kampus Binus University @Bekasi
Faculty Member School of Accounting, Binus University

gsoepriyanto@binus.edu