Sumber: pinterest.com

Pada hari Kamis, 11 Januari 2024, BINUS University @Bekasi mengadakan talkshow OBEDA bertajuk “Building a Strong Thought Leader Brand” yang secara khusus membahas terkait Thought Leader Branding bersama narasumber Profesor Amalia E. Maulana, Ph.D., selaku Guru Besar tetap di bidang Marketing dari BINUS Business School, BINUS University. Dalam pemaparannya, disampaikan terkait pentingnya personal branding yang spesifik, berbeda, memiliki karakter sendiri, dan unik, karena dengan personal branding yang kuat, seseorang akan mendapatkan lebih banyak benefit, termasuk di dunia profesional dan dalam menjadi seorang leader kedepannya.

Terdapat benang merah antara topik dari talkshow OBEDA dan salah satu program di BINUS University @Bekasi, yaitu Program Creative Communication. Bahkan, dalam Program Creative Communication ini, terdapat mata kuliah khusus yang membahas terkait branding, diantaranya adalah Startegic Communication for Branding, Creative Writing for Branding,  Native Advertising, Integrated Marketing Communication, dan Video Production for Branding. Mahasiswa dari program ini tidak hanya diberi pemahaman mengenai definisi dari brand dan branding, tetapi juga dapat memahami bagaimana cara untuk membuat pesan dan cerita mengenai suatu brand dalam berbagai bentuk secara kreatif, seperti melalui tulisan, audio, maupun audio-video.

Sumber: indoapps.id

Perlu diketahui, melalui Program Creative Communication, penting untuk memahami dengan baik value atau nilai yang dimiliki oleh suatu produk atau jasa. Hal itu termasuk memahami siapa target audiens yang kebutuhannya bisa dipenuhi oleh sebuah brand serta memastikan pesan perihal value dari brand tersebut dapat sampai dan dimengerti oleh target audiensnya. Sebagai contoh, jika sebuah produk atau jasa memiliki branding yang kuat, produk dan jasa tersebut tidak hanya terpilih karena menawarkan sesuatu yang berbeda dan menguntungkan konsumennya, melainkan produk atau jasa tersebut juga dicintai oleh konsumennya. Pada dasarnya, siapapun dapat membangun dan memperkuat brand-nya. “Brand yang kuat artinya tidak hanya berbeda dari kompetitor, tetapi unik dalam berbagai hal, serta memiliki tempat special di benak audience atau khalayak sasarannya.” Ungkap Maria Anggia W., S.Sos., M.M., selaku Head of Communication Department BINUS University,

Sumber: blog.myskill.id

Sebagai mahasiswa dari Program Creative Communication, teori terkait branding wajib dipahami dengan baik, karena salah satu fungsi Creative Communication di perusahaan adalah untuk menyusun pesan dalam bentuk cerita brand dengan jelas, tepat sasaran, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan target audiens. Pada akhirnya, hal tersebut yang akan menjadikan sebuah brand dapat lebih kuat dan dicintai oleh audiensnya. Karakteristik utama yang dimiliki oleh brand yang kuat adalah jika brand tersebut memiliki audiens yang dengan sukarela memberikan dukungan penuh bagi brand tersebut, bahkan di masa sulit sekalipun.