BINUS University @Bekasi menyambut awal tahun dengan kembali menggelar sesi talkshow bertajuk OBEDA atau Obrolan BEKEN Dosen Asyik yang diselenggarakan khusus bagi seluruh dosen atau pengajar di BINUS University @Bekasi pada hari Kamis, 11 Januari 2024 di Mini Theater, LKC BINUS @Bekasi.

Pada sesi talkshow OBEDA kali ini, Profesor Amalia E. Maulana, Ph.D. terpilih untuk menjadi narasumber dan memaparkan materi terkait Thought Leader Branding di dunia pendidikan, terutama untuk seorang pengajar atau dosen. Beliau mengungkapkan bahwa thought leader itu mengacu kepada rujukan atau referensi. Dengan kata lain, dalam situasi ketika seorang mahasiswa membutuhkan referensi atau rujukan terhadap topik tertentu, siapa dosen yang ia ingat dan siapa dosen yang menurutnya mampu untuk membantunya. Profesor Amalia juga mengatakan bahwa seorang dosen diharapkan mampu untuk stands out from the crowd untuk dapat diingat dan dikenal oleh mahasiswa serta diharapkan untuk tetap dapat menjadi stakeholder bagi mahasiswa yang dibinanya.

Selain itu, point utama lain yang dibahas adalah personal branding yang menjadi suatu hal penting bagi setiap personal untuk membantu dalam pembentukan jati diri dengan menunjukan identitas pribadi yang dapat tergolong spesifik ataupun generik. Ketika seseorang ingin menjadi unik, maka perlu adanya diferensiasi yang akan membantu memperkuat personal branding. Hal tersebut dapat dikembangkan melalui pembentukan thought leader branding yang berlandaskan pola pikir 3C (Customer, Company, Competitor). Mengingat tantangan yang semakin ketat dengan pasar yang kian hypercompetitive, ruang lingkup yang semakin luas, teknologi serta generasi digital yang semakin melaju pesat, Strong Brand harus diterapkan. Strong Brand tidak harus berlaku di seluruh area, namun mengharuskan untuk kuat di dalam komunitasnya agar tidak hanya dikenal, namun pasti dipilih.

Terkait pemaparan materi talkshow OBEDA kali ini, Profesor Amalia menuturkan, “Ini sesuatu yang luxurious karena brand kita berasosiasi dengan BINUS University”. Ia juga menambahkan bahwa BINUS University sendiri sudah semakin cemerlang untuk dibina menjadi brand yang lebih cemerlang, berdasarkan atas kombinasi dari dosen dan pengajar dari BINUS University. Ia berharap, talkshow OBEDA dan pemaparan materi talkshow kali ini dapat menjadi nilai tambah bagi BINUS University sekaligus menjadi manfaat bagi para audiens, sehingga seluruhnya dapat segera membina thought leader brand. Profesor Amalia juga menilai bahwa program talkshow OBEDA ini benar-benar asyik. “Kalau saya lihat, ini sudah menjadi sesuatu yang sangat baik yang bisa diteruskan, supaya menjadi interaksi antar dosen dan juga mempunyai nilai untuk BINUS University sendiri. Seru banget, loh. Teruskan, ya!” Ujarnya.