Sumber: organisasi.co.id

Seiring perkembangan zaman yang kian modern, dalam sebuah organisasi ataupun bisnis terdapat ilmu manajamen yang diterapkan oleh setiap pimpinannya. Cara yang dinilai “tradisional” meliputi  perilaku kepemimpinan yang kerap kali memberikan luang lingkup yang sangat sempit terhadap kebebasan, kreatifitas, dan inisiatif. Perilaku kepemimpinan tradisional juga sudah tidak sering diterapkan dalam berbagai organisasi atau bisnis karena dinilai terbatas, terlalu kaku, dan minim akan kebebasan. Dalam ilmu manajemen, seseorang dapat menjelajahi berbagai aspek kepemimpinan yang diperlukan dalam setiap situasi.

Sumber: chiefexecutive.net

Peran kepemimpinan dalam sebuah praktik manajemen modern menjelaskan bagaimana terjadinya sebuah perubahan di lingkungan dapat mempengaruhi sebuah tuntutan terhadap kepemimpinan. Selain itu, faktor lingkungan dapat mengidentifikasi karakteristik untuk kepemimpinan dalam era digital dan global. Dalam manajemen, terdapat hal yang dinilai cukup tepat untuk dapat menjadi sebuah “gaya” kepemimpinan yang modern di masa sekarang, yaitu kepemimpinan efektif.

 

Apa itu kepemimpinan efektif?

Sumber: expertindo-training.com

Kepemimpinan efektif merupakan sebuah proses yang dinamis dan tidak membatasi banyak hal agar kerja sama sejumlah manusia dapat berlangsung secara bersama-sama dalam suatu lingkungan organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Kepemimpinan efektif juga memungkinkan setiap anggota organisasi atau bisnis untuk dapat bertindak dengan memberikan berbagai akses terhadap informasi dan pekerjaan agar dapat bekerja dengan seluruh kemampuan yang dimiliki.

Seseorang dengan karakter kepemimpinan yang efektif memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dalam ranah yang positif, memiliki transparansi dengan suatu batasan, dapat mengatasi sebuah resiko dan mengambil sebuah inovasi, memiliki nilai integritas dan beretika, dapat bertindak tegas, mampu menyelaraskan sebuah kenyataan dalam situasi apapun dengan sifat optimisme, dan mampu menerapkan nilai dan visi dari organisasi atau bisnis itu sendiri. Selain itu, kepemimpinan yang efektif dalam sebuah organisasi juga dapat dilihat dari visi dan orientasi masa depan, kemampuan dalam berkomunikasi satu sama lain, kemampuan untuk saling memotivasi, dan kemampuan untuk tegas dalam mengambil sebuah keputusan.

Sumber: chieflearningofficer.com

Seorang pemimpin yang efektif akan cenderung lebih mudah terlibat dalam menganalisis dan mengambil keputusan yang strategis, menggali konsep untuk rekan organisasi atau kelompok bisnis, mampu beradaptasi dengan lebih mudah terhadap sebuah perubahan, dapat memaparkan strategi dan keterampilan yang diperlukan untuk kepemimpinan yang fleksibel. Kepemimpinan efektif juga meliputi peran teknologi dalam memodernisasi praktik manajemen, menerapkan konsep kepemimpinan yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan, mencari solusi atas tantangan manajemen modern, dan memberikan pandangan terhadap peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan. Menyelami ilmu manajemen dapat memberikan pandangan mendalam terhadap bagaimana kepemimpinan efektif dapat diterapkan dan disesuaikan dengan dinamika manajemen modern.