Sumber: spectrm.io

Bisnis berbasis digital merupakan konsep bisnis yang bertumpu pada teknologi sebagai fundamental untuk menciptakan keunikan aktivitas pada sebuah bisnis dengan tujuan untuk menjangkau target pasar, memasarkan produk atau layanan bisnis, serta untuk proses menciptakan dan menghasilkan sebuah produk. Bisnis digital memanfaatkan internet, perangkat mobile, media sosial, dan teknologi canggih lainnya untuk menjalankan operasional mereka dengan lebih efisien dan efektif.

Sumber: greymetrics.com

Di tahun 2024 ini, bisnis digital bukanlah sekadar tren yang bersifat sementara, melainkan telah menjadi opsi jangka panjang seiring dengan perkembangan teknologi yang melaju dengan pesat, kecepatan internet yang kian baik, kecerdasan buatan yang semakin marak digunakan, kesadaran konsumen tentang kebutuhan digital yang meningkat, dan cara penyajian atas sebuah solusi yang inovatif, kreatif, dan responsif terhadap suatu perubahan.

Sumber: twitter.com

Berikut merupakan beberapa contoh jenis bisnis digital yang dapat dipertimbangkan untuk dijalani di tahun 2024, yaitu:

  1. Konsultan SEO

Konsultan SEO akan membantu situs web dan bisnis dalam meningkatkan peringkat atau rating mereka di jelajah internet. Caranya dengan melibatkan optimasi situs web, pembuatan konten, dan strategi backlinking. Pemahaman akan algoritma internet dan perubahan tren menjadi kunci dalam kesuksesan bisnis ini.

  1. Konsultan IT

Konsultan IT membantu perusahaan mengatasi berbagai masalah teknologi, dari infrastruktur hingga keamanan data. Tugas seorang konsultan IT meliputi penyelesaian masalah teknologi, peningkatan efisiensi operasional, serta dukungan pertumbuhan bisnis. Konsultan IT memerlukan pemahaman terkait dunia IT dan kemampuan untuk melihat masalah, merumuskan solusi yang efektif, dan berkomunikasi dengan jelas.

  1. Konsultan Digital Marketing

Konsultan digital marketing membantu bisnis meningkatkan visibilitas online melalui strategi pemasaran digital yang efektif dengan melibatkan pemanfaatan berbagai teknik seperti iklan PPC, SEO, media sosial, dan konten berkualitas. Konsultan digital marketing perlu mengasah keterampilan dalam pemasaran digital, kemampuan pemahaman proses bisnis, identifikasi masalah, merumuskan strategi, dan memberikan rekomendasi kepada konsumen.

  1. E-commerce Niche

Membuka toko online untuk produk atau layanan tertentu merupakan jenis bisnis digital yang marak ditemukan. Menargetkan niche dapat memenuhi kebutuhan pasar. Bisnis digital e-commerce niche tidak hanya menjual produk, tetapi juga membangun hubungan dengan konsumen yang memiliki minat khusus.

  1. Penjualan Produk Digital

Bisnis ini mencakup penjualan produk digital dan kerap kali digunakan untuk tujuan profesional atau kreatif. Kreativitas dalam menciptakan produk digital yang dibutuhkan pasar dan kemampuan pemasaran menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis ini.

  1. Aplikasi Mobile

Menciptakan aplikasi mobile membuka peluang pendapatan yang signifikan melalui iklan, pembelian dalam aplikasi, atau model berlangganan. Aplikasi mobile juga dapat memberikan solusi atau hiburan kepada pengguna.

  1. Content Creator

Menjadi seorang content creator dapat menjadi bisnis yang menjanjikan dalam dunia konten digital yang terus berkembang dengan memproduksi konten yang menarik, iklan, sponsor, dan penjualan produk atau layanan. Content creator tidak hanya menjadi pembuat konten, tetapi juga membangun merek pribadi atau personal branding.

  1. Pengembangan Aplikasi Web

Bisnis ini membuat situs web dan aplikasi web yang menarik dan fungsional dengan merancang dan mengembangkan aplikasi berdasarkan kebutuhan bisnis dan pengguna. Kemampuan pengembangan web dan pemahaman desain UX/UI menjadi fundamental dari kesuksesan bisnis ini.

  1. Teknologi Wearable

Bisnis ini mengembangkan produk atau layanan untuk perangkat wearable seperti smartwatch. Untuk memulai bisnis ini, seseorang perlu memiliki pemahaman mendalam terkait teknologi wearable.

  1. Pariwisata Virtual

Bisnis ini menawarkan tur virtual untuk tempat wisata yang memungkinkan orang menjelajahi tempat wisata melalui pengalaman virtual yang menarik. Kemampuan dalam menciptakan virtual yang imersif dan kerja sama dengan destinasi pariwisata dibutuhkan dalam bisnis ini.

  1. Konsultan Keuangan Online

Bisnis ini mencakup pembuatan rencana keuangan, investasi, dan perencanaan masa depan untuk membantu mengelola keuangan dengan lebih baik. Menjadi konsultan keuangan online memerlukan pemahaman yang mendalam tentang prinsip keuangan dan kemampuan untuk merancang solusi yang sesuai dengan kebutuhan klien.

  1. Pemasaran Media Sosial

Pemasaran media sosial menawarkan layanan manajemen kampanye media sosial untuk membantu bisnis membangun kehadiran online mereka. Bisnis ini membuat konten, menjadwalkan unggahan, dan menganalisa hasilnya. Memahami target audiens, dinamika platform sosial, dan tren media sosial pun dibutuhkan dalam bisnis ini.

  1. Fotografi dan Videografi

Layanan fotografi dan videografi bekerja dalam berbagai proyek, mulai dari pemotretan acara besar hingga pemotretan produk komersial. Memahami seni visual, teknik fotografi, dan kemampuan untuk mengedit video diperlukan dalam bisnis ini. Membangun portofolio yang menarik dapat membantu menarik konsumen.

  1. Pengelolaan Data

Bisnis pengelolaan data membantu perusahaan mengelola data dengan efisien. Bisnis ini mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisa data untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat. Bisnis ini juga membantu perusahaan e-commerce dalam menganalisa data konsumen dan mengidentifikasi tren belanja, preferensi produk, serta pola pembelian.

Sumber: mogodev.id

Di luar dari daftar contoh bisnis digital di atas, masih terdapat banyak jenis bisnis digital yang dapat dijalani sesuai dengan bidang dan minat yang dapat menghasilkan pendapatan. Seiring dengan perkembangan zaman, beradaptasi dengan teknologi terbukti dapat membantu seseorang dalam membangun sebuah bisnis dan bertahan hidup di gempuran era digitalisasi.