Sumber: digination.id

Seiring pergantian tahun 2024 dipenuhi oleh beragam fenomena yang menggemparkan dunia, salah satunya adalah dalam bidang teknologi, yaitu Artificial Intelligence (AI) yang sangat populer di pengujung tahun 2023. Selain itu, melansir dari laman Blog Sribu, terdapat juga beberapa peluang bisnis yang dinilai masih menjanjikan di tahun 2024, seperti Bisnis Hotel dan Pariwisata, Bisnis Makanan (makanan kekinian atau organik), Bisnis Kosmetik dan Perawatan Tubuh, Bisnis Coffee Shop, Bisnis Online atau E-Commerce, Bisnis Layanan IT atau teknologi, Bisnis Makanan Ringan yang Unik, Bisnis Layanan Asisten Virtual, Bisnis Parfum, dan beragam bisnis lainnya.

Di tahun 2024, terdapat beberapa peluang bisnis bagi peraup cuan yang dinilai akan berkembang sesuai dengan pengamatan lingkungan, teknologi, tren, kebutuhan, dan kemungkinan lainnya, seperti Bisnis e-Book, konsultasi dalam beragam bidang, layanan kesehatan dan kebugaran, pengalaman Virtual Reality (VR), kursus online, manajemen bisnis, manajemen media sosial, desain grafis, dan bidang komunikasi yang fleksibel. Mengapa demikian beragam bisnis tersebut dinilai dapat menjadi peluang yang baik di tahun 2024 ini?

Sumber: mbizmarket.co.id

Seperti yang telah diketahui, seiring perkembangan zaman, teknologi kian berkembang pesat. Melansir dari laman entrepreneur.bisnis, hal ini berdampak kepada hampir seluruh sektor dalam bisnis mengalami perubahan atau peningkatan peluang bisnis yang harus selalu mengikuti alur perkembangan global. Contohnya, adalah perubahan ketika suatu kebiasaan atau minat seseorang dari cara tradisional ke modern yang serba digital. Dalam hal tersebut, sebaiknya seseorang mendapatkan konsultasi untuk beradaptasi dengan teknologi dan minat pasar supaya mendapatkan panduan untuk menavigasi lanskap digital dan mengoptimalkan bisnis.

Guna menyanggupi permintaan akan hal virtual yang kian meningkat, bidang teknologi Virtual Reality dinilai dapat berkembang pesat dengan menarik layanan industry, seperti dalam bidang pendidikan, game, real estate, atau pariwisata. Selain itu, mengingat lonjakan kasus virus Covid-19 di awal tahun 2020, pendidikan jarak jauh atau online diterapkan guna memenuhi keberlangsungan kebutuhan pendidikan, sehingga bisnis kursus online akan dibutuhkan untuk mendorong digitalisasi dalam hal pendidikan.

Sumber: vimofy.co

Secara garis besar, beragam peluang bisnis yang dinilai akan berkembang dan marak dibutuhkan di tahun 2024 adalah bisnis yang berbasis teknologi dan telah menggunakan konsep digital sehingga dapat lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan zaman yang pesat. Penggunaan gabungan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) juga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan bisnis guna mengoptimalkan penggunaan teknologi di tahun 2024.