Sumber: vecteezy.com

Bisnis berbasis digital adalah sebuah konsep bisnis yang bertumpu pada teknologi sebagai dasar atau fundamental untuk menciptakan keunikan aktivitas pada bisnis tersebut. Baik tujuannya dalam menjangkau target pasar, memasarkan produk atau layanan bisnis, atau untuk proses menciptakan dan menghasilkan sebuah produk. Sebuah bisnis yang menggunakan pendekatan secara digital dapat disebut tengah mengalami masa transformasi digital.

Di zaman sekarang, bisnis mulai beralih menjadi berbasis digital seiring perkembangan teknologi yang kian pesat. Bisnis digital juga muncul sebagai sebuah jawaban atas transformasi digital yang dipengaruhi oleh beberapa faktor keunggulan, seperti fleksibilitas, jangkauan global, dan kemampuan dalam beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan target market. Selain itu, bisnis digital yang telah memanfaatkan internet, perangkat mobile, media sosial, dan teknologi canggih lainnya secara tepat dapat menciptakan sebuah ekosistem yang memungkinkan para pelaku usaha dan bisnis menjalankan operasional mereka dengan lebih efisien dan efektif, baik dari mikro bisnis hingga perusahaan yang besar.

Sumber: vecteezy.com

Namun, mengapa bisnis digital ini dinilai penting di tahun 2024? Salah satu alasannya karena bisnis digital bukanlah sekadar tren yang bersifat sementara. Bisnis digital telah menjadi fundamental dalam cara seseorang melakukan bisnis. Bisnis digital memberikan akses global yang sebelumnya cenderung sulit tercapai oleh bisnis konvensional. Seseorang dapat menjual produk atau layanan mereka kepada konsumen di seluruh dunia dengan hanya menggunakan platform digital dan online. Bisnis digital juga memanfaatkan teknologi digital yang memudahkan berbagai aspek operasional bisnis secara otomatis, sehingga produktivitas dapat menjadi lebih efisien. Selain itu, bisnis dapat dengan mudah mengidentifikasi dan menjangkau pasar target mereka dengan alat analisis dan pemasaran digital. Terakhir, bisnis digital dinilai lebih mampu beradaptasi dan berinovasi terhadap perubahan teknologi yang pesat.

Sumber: vecteezy.com

Di sisi lain, bisnis digital dapat menjadi sebuah opsi jangka panjang seiring dengan perkembangan teknologi yang melaju dengan pesat, kecepatan internet yang kian baik, kecerdasan buatan yang semakin marak digunakan, kesadaran konsumen tentang kebutuhan digital yang meningkat, dan cara penyajian atas sebuah solusi yang inovatif, kreatif, dan responsif terhadap perubahan yang tengah dirasakan.

Ketika sebuah bisnis mengandalkan teknologi dan menerapkan model digital, akan terdapat beberapa kelebihan dan keunggulan yang dapat dirasakan, diantaranya adalah jangkauan pasar yang lebih luas, penjualan produk yang meningkat secara signifikan, biaya promosi produk yang lebih ekonomis, data operasional bisnis yang lebih akurat, hubungan dan komunikasi antar konsumen dapat lebih terjalin dengan baik.