Ilustrasi Peran Artificial Intelligence (Sumber: linkedin.com)
Ilustrasi Peran Artificial Intelligence (Sumber: linkedin.com)

Dalam sebuah manajemen bisnis, pengelolaan dan analisis data merupakan aset yang sangatlah berharga demi keberlangsungan bisnis tersebut. Apalagi ketika dalam data tersebut terdapat informasi yang dapat mendukung sebuah proses dalam pengambilan keputusan strategis.  Kini, salah satu teknologi baru yang telah marak diperbincangkan dan digunakan, yaitu Artificial Intelligence (AI), sudah dapat membantu sebuah perusahaan dalam menyortir data yang diperlukan dalam waktu yang cenderung lebih singkat. Teknologi Artificial Intelligence (AI) ini dinilai dapat menjadi salah satu penerapan yang menjanjikan dalam dunia bisnis.

Selain itu, manajemen bisnis sendiri mencakup rangkaian aktivitas perencanaan, pengerjaan, dan pengawasan terhadap sebuah usaha atau bisnis. Dengan kata lain, manajemen bisnis dapat diartikan juga sebagai segala upaya yang dijalankan sesuai rencana untuk meraih target penjualan atau keuntungan, dan dipahami sebagai salah satu hal terpenting dalam perkembangan sebuah bisnis. Tanpanya, peluang bisnis untuk sukses tentu akan menjadi jauh lebih kecil, bahkan tidak jelas arah perkembangannya di masa mendatang.

Oleh karena itu, kombinasi antara manajemen bisnis dan Artificial Intelligence (AI) dinilai akan sangat efektif untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Berikut manfaat dan peran Artificial Intelligence (AI) dalam manajemen bisnis untuk kemajuan sebuah bisnis, di antaranya adalah :

  1. Analisa data dengan cepat dan akurat

Artificial Intelligence (AI) dapat mengelola, menganalisis, menyortir, dan mengolah data dengan waktu yang singkat. Kemampuan ini memungkinkan perusahaan lebih mudah untuk mendapatkan pemahaman mendalam terkait tren pasar dan faktor yang dapat mempengaruhi bisnis dengan data yang aktual. Selain itu, analisis data yang cepat dan akurat juga membantu perusahaan untuk merumuskan strategi bisnis yang efektif dan responsif terhadap perubahan tren pasar.

  1. Mengotomatisasi alur kerja

Alur kerja bisnis dapat menjadi lebih efisien dengan mengotomatisasi pekerjaan rutin yang dilakukan secara manual menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Hal ini dapat membantu perusahaan untuk lebih fokus pada hal penting lainnya. Teknologi Artificial Intelligence (AI) juga dapat melakukan riset pasar dan mempermudah pemahaman data. Sebuah bisnis dapat menggunakan perangkat lunak yang berbasis AI untuk membantu menjawab pertanyaan secara otomatis dari konsumen. Contohnya, Chatbot AI seperti ChatGPT dan Bard yang dapat membantu pembuatan konten situs web dan sosial media, strategi bisnis, kode pemrogaman, dan lain-lain untuk membantu pekerjaan manusia dalam mendukung keberlangsungan suatu bisnis.

  1. Mengoptimalkan proses bisnis

Manfaat dari teknologi Artificial Intelligence (AI) dapat membawa peningkatan efisiensi yang luar biasa ke dalam proses manajemen bisnis di sebuah perusahaan. Mulai dari sektor manufaktur bahkan logistik, teknologi Artificial Intelligence (AI) dapat mengotomatiskan tugas yang bersifat monoton dan berulang untuk membantu mempercepat produksi, meminimalisir kesalahan manusia, dan menghemat biaya operasional.

  1. Memberikan inovasi produk dan layanan

Teknologi Artificial Intelligence (AI) juga dapat berfungsi sebagai pendorong utama dalam menciptakan sebuah inovasi produk dan layanan. Dengan analisis data yang mendalam dan pemahaman tentang tren pasar, perusahaan dapat mengenali berbagai peluang baru untuk mengembangkan produk dan layanan yang inovatif. Selain itu, teknologi Artificial Intelligence (AI) juga dapat berkontribusi dalam proses riset dan pengembangan.

  1. Meningkatkan keamanan dan mendeteksi ancaman

Aspek keamanan data dan perangkat lunak menjadi hal yang krusial dalam sebuah bisnis. Teknologi Artificial Intelligence (AI) dapat berperan penting dalam mendeteksi sebuah ancaman keamanan dengan cepat dan efektif. Sistemnya memiliki kemampuan untuk mengenali pola yang mencurigakan dalam data dan mendeteksi potensi upaya penipuan atau serangan program lainnya. Dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI), sebuah bisnis dapat meningkatkan keamanan data serta meningkatkan layanan kepada pelanggan. Bisnis yang mengadopsi dan mengintegrasikan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam strategi mereka cenderung akan mampu mencapai kemajuan yang signifikan bahkan unggul dalam kompetitif di era digital ini.