BurnCup 2023 di BINUS University @Bekasi resmi dimulai pada hari Selasa, 21 November 2023. Pada hari pertama pelaksanaannya, Gatot Soepriyanto, S.E.,Ak.,M.Buss (Acc).,Ph.D.,CA.,CFE., selaku Direktur Kampus BINUS University @Bekasi dan Denny Irfan Prasetyo, selaku Project Manager BurnCup 2023 memberikan kata sambutan dan meresmikan pembukaan event BurnCup 2023. Gatot Soepriyanto, S.E.,Ak.,M.Buss (Acc).,Ph.D.,CA.,CFE., selaku Direktur Kampus BINUS University @Bekasi meresmikan pembukaan BurnCup 2023 tersebut secara simbolik dengan menarik properti tiruan pedang yang ditancapkan ke sebuah Styrofoam.

Setelah melakukan penyambutan dan peresmian kegiatan BurnCup 2023 ini, perwakilan dari panitia acara BurnCup memeriahkan rangkaian acara dengan memberikan sebuah pertunjukan seni, yaitu flashmob dance. Selain itu, perwakilan beberapa himpunan dan jurusan yang ada di BINUS University @Bekasi melakukan parade dengan mengibarkan bendera jurusannya. Selanjutnya, terdapat pertandingan turnamen cabang olahraga futsal dan basket yang diikuti antar BINUSIAN dan siswa SMA/K/MA sederajat untuk menentukan perebutan juara. Setelah itu, terdapat turnamen e-sport game, yaitu Mobile Legend yang diikuti oleh BINUSIAN dan siswa SMA/K/MA sederajat untuk menentukan peserta yang dapat masuk ke babak final.

Sebelumnya, BurnCup 2023 telah melakukan rangkaian acara pre-event pada tanggal 17 sampai 20 November 2023 yang diisi oleh babak penyisihan. Pada hari pertama pre-event, terdapat beberapa turnamen, diantaranya adalah turnamen di cabang olahraga, kompetisi memasak, dan e-sport. Babak penyelisihan di hari pertama meliputi cabang olahraga basket dan futsal, game Mobile Legend dan e-sport FIFA, serta kompetisi memasak yang diikuti oleh BINUSIAN dan siswa SMA/K/MA sederajat. Di hari kedua, terdapat babak penyisihan di turnamen cabang olahraga futsal yang diikuti oleh BINUSIAN dan e-sport game, yaitu Mobile Legend dan FIFA yang diikuti oleh BINUSIAN. Di hari terakhir pre-event, terdapat turnamen cabang olahraga konsentrasi billiard dan pingpong yang diikuti oleh BINUSIAN. Setiap pemenang di babak penyisihan setiap turnamennya dapat melaju ke tahap selanjutnya dan memiliki peluang untuk menjadi juara di BurnCup 2023 ini.